Penerapan program Kelas Unggulan dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afiyah, Nur (2009) Penerapan program Kelas Unggulan dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Untuk mewujudkan tujuan pendidikan, pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya inovasi dalam bidang pendidikan. Salah satunya adalah program kelas unggulan.
Di dalam proses pembelajaran, kelas merupakan tempat untuk belajar. Belajar memerlukan konsentrasi dan suasana kelas yang dapat menunjang kegiatan proses pembelajaran yang efektif. Siswa dapat belajar dengan baik dalam suasana wajar tanpa tekanan dan dalam kondisi yang merangsang untuk belajar. Untuk menciptakan suasana yang dapat menumbuhkan gairah belajar, meningkatkan prestasi belajar dan lebih memungkinkan guru memberikan bimbingan dan bantuan terhadap siswa, maka diperlukan pegorganisasian kelas yang baik
Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui program kelas unggulan di SMP Negeri 1 Sidoarjo, untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sidoarjo, dan untuk mengetahui efektifitas program kelas unggulan dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sidoarjo. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, interview, angket, dan dokumentasi Setelah data terkumpul penulis menggunakan rumus prosentase untuk menjawab permasalahan tentang program kelas unggulan dan keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi penerapan program kelas unggulan dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, penulis menggunakan rumus product moment yang nantinya hasil korelasi dari perhitungan rumus akan dikonsultasikan pada harga kritik product moment pada taraf signifikasi 1 % dan 5 %. Hasil penelitian berkenaan dengan gambaran umum obyek penelitian, penyajian dan analisa data sebagai hasil dari proses pengumpulan data sebelumnya, serta pengujian hipotesis yang pada akhirnya menyimpulkan bahwa penerapan program kelas unggulan dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran sangat kuat atau tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afiyah, Nur--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Program Kelas Unggulan; keberhasilan pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2009
Last Modified: 24 Oct 2018 07:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7334

Actions (login required)

View Item View Item