IMPLEMENTASI TERAPI GESTALT DALAM MENANGANI SISWA DISLEKSIA : STUDI KASUS SISWA X DI SD NEGERI PONOKAWAN KRIAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Fitri Nurul (2013) IMPLEMENTASI TERAPI GESTALT DALAM MENANGANI SISWA DISLEKSIA : STUDI KASUS SISWA X DI SD NEGERI PONOKAWAN KRIAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Terapi Gestalt sebuah terapi yang mengatakan bahwa individu itu selalu aktif sebagai keseluruhan dan manusia yang sehat adalah individu yang seimbang antara ikatan organisme dengan lingkungan. Terapi ini digunakan dengan tujuan untuk membantu klien menjadi individu yang merdeka, mandiri dan dapat bertanggung jawab atas kehidupannya sendiri. Terapi ini menyertakan tahap-tahap konseling secara sistematis dengan berbagai teknik-teknik tertentu. Siswa X yang mengalami disleksia dapat menggunakan terapi ini melalui teknik eksperiman agar dapat membantu mengatasi kesulitan belajarnya.
Dalam penelitian ini masalah yang diteliti adalah bagaimana identifikasi kasus pada siswa X yang mengalami disleksia, bagaimana diagnosis dan prognosis pada siswa X yang mengalami disleksia, bagaimana pelaksanaan terapi gestalt dalam menangani siswa disleksia, dan bagaimana evaluasi dan follow up pada siswa X yang mengalami disleksia.
Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kualitatif dengan model studi kasus. Adapun informan penelitiannya adalah wali kelas dan guru mata pelajaran, teman, orang tua atau keluarga klien, dank lien sendirir. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Pelaksanaan terapi gestalt dalam menangani siswa disleksia di SD Negeri Ponokawan Krian Sidoarjo dapat dikatakan berhasil, hal ini dapat dilihat dari perubahan atau perkembangan membaca dan menulis yang ditunjukkan siswa X, setelah pemberian terapi siswa X sudah mulai dapat mengenal huruf, menulis dan membaca walaupun masih secara perlahan-lahan sambil mengeja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Husniyatus Salamah Z.
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Fitri NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Bimbingan Penyuluhan
Uncontrolled Keywords: Terapi Gestalt; Disleksia; Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2015 08:01
Last Modified: 12 Feb 2015 08:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/731

Actions (login required)

View Item View Item