PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA MATERI MENCERITAKAN PERISTIWA YANG PERNAH DIALAMI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIME TOKEN DI KELAS III MINU SALAFIYYAH GRESIK

Anggraini, Rizka Setia (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA MATERI MENCERITAKAN PERISTIWA YANG PERNAH DIALAMI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIME TOKEN DI KELAS III MINU SALAFIYYAH GRESIK. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (363kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kesulitan siswa kelas III MINU Salafiyyah Gresik pada keterampilan berbicara bahasa Indonesia. Hal ini terlihat ketika siswa ditugaskan oleh guru untuk bergiliran bercerita, siswa sering gugup, kaku, dan tidak lancar berbicara. Masalah tersebut dibuktikan dengan nilai tugas yang menunjukkan dari 25 siswa terdapat 12 siswa (48%) yang mendapatkan nilai di atas KKM yaitu 70, sedangkan 13 siswa (52%) mendapatkan nilai di bawah KKM. Sehingga peneliti ingin memberikan solusi untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa melalui strategi pembelajaran time token.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana keterampilan berbicara bahasa Indonesia materi menceritakan peristiwa yang pernah dialami di kelas III MINU Salafiyyah Gresik sebelum diterapkan strategi pembelajaran time token?. (2) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran time token dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia materi menceritakan peristiwa yang pernah dialami di kelas III MINU Salafiyyah Gresik?. (3) Bagaimana peningkatan keterampilan berbicara bahasa Indonesia materi menceritakan peristiwa yang pernah dialami melalui strategi pembelajaran time token pada siswa kelas III MINU Salafiyyah Gresik?.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang didesain dalam bentuk satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, penilaian performance, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus persentase ketuntasan belajar dan nilai rata-rata kelas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan berbicara siswa sebelum diterapkan strategi pembelajaran time token masih rendah, karena nilai rata-rata kelas yang diperoleh pada materi tersebut hanya sebesar 51,96. (2) Penerapan strategi pembelajaran time token untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa telah dilaksanakan dengan baik. Dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru maupun siswa pada siklus I sebesar 80,68% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 87,5%. (3) Terdapat peningkatan keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa, terlihat dari ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64% dan meningkat pada siklus II sebesar 80%. Sedangkan untuk nilai rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus I sebesar 64,75 dan meningkat pada siklus II sebesar 80.

Email:
Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara; Bahasa Indonesia; Strategi Pembelajaran; Time Token
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rizka Setia Anggraini
Date Deposited: 25 Jul 2016 06:58
Last Modified: 25 Jul 2016 06:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7307

Actions (login required)

View Item View Item