Pengaruh implementasi Pendekatan Ketrampilan Proses terhadap pembelajaran bidang studi Fikih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kalipare Kabupaten Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Yulie Tahmilul (2009) Pengaruh implementasi Pendekatan Ketrampilan Proses terhadap pembelajaran bidang studi Fikih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kalipare Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3 - pustaka.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Pengaruh Implementasi Pendekatan Ketrampilan Proses Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN)Kalipare Kabupaten Malang , adapun motif dari penulisan skripsi ini adalah adanya kenyataan di sekolah bahwa kebanyakan guru mengajarkan pelajaran agama Islam dengan metode ceramah, dengan harapan siswa dapat menerima dan memahami materi ajarnya dari ceramahnya tersebut, sehingga siswa dipaksa untuk menjadi pendengar setia dan pasif. Dari sinilah penulis termotivasi untuk ingin tahu sisi lain dari kenyataan diatas, ternyata ada sekolah yaitu di MIN Kalipare Malang yang menggunakan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran agama Islam, dengan harapan siswa aktif untuk mencari informasi sendiri. Oleh karena itu penulis juga ingin tahu Pengaruh Implementasi Pendekatan Ketrampilan Proses Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kalipare Kabupaten Malang.
Oleh karena itu, penulis berusaha mengadakan penelitian mengenai hal tersebut dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1.Bagaimana tinjauan tentang pedekatan keterampilan proses? 2.Bagaimana tinjauan tentang pembelajaran agama Islam? 3.Apakah ada pengaruh implementasi pedekatan keterampilan proses terhadap pembelajaran agama Islam, jika ada, sejauhmana pengaruhnya? Merujuk pada permasalahan di atas, maka penelitian ini termasuk jenis penelitian analisis kuantitatif. Adapun metode yang penulis gunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumenter, interview, observasi lapangan dan angket. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi pedekatan keterampilan proses terhadap pembelajaran agama Islam. Dan hasil dari penelitian yang penulis peroleh sementara ini bahwa pengaruh implementasi pedekatan keterampilan proses terhadap pembelajaran agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kalipare Kabupaten Malang cukup baik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Yulie Tahmilul--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan proses; Fikih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2009
Last Modified: 04 Oct 2018 06:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7204

Actions (login required)

View Item View Item