PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS V DI MI MA'ARIF KEDUNGKENDO CANDI SIDOARJO

Na'imah, Imro'atun (2008) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS V DI MI MA'ARIF KEDUNGKENDO CANDI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak, hal ini disebabkan karena pemahaman siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak yang kurang, karena siswa tidak memahami materi aqidah akhlak, mereka itu hanya sekedar tahu tetapi tidak mengerti dan memahami, secara mendalam. Materi yang disampaikan oleh guru akan mudah hilang dan tidak membekas serta tahan lama di dalam otak. Salah satu alternatif yang dapat ditempuh untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Menurut Roy Killen, Strategi Pembelajaran Ekspositori adalah strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penggunaan strategi pembelajaran ekspositori kelas V di MI Ma'arif Kedungkendo Candi Sidoarjo, 2) Bagaimana Pemahaman siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas V MI Ma'arif Kedungkendo Candi Sidoarjo, 3) Adakah pengaruh strategi pembelajaran ekspositori terhadap pemahaman siswa kelas V di MI Ma'arif Kedungkendo Candi Sidoarjo?.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif, adapun metode yang digunakan adalah metode dokumentasi, observasi, interview (wawancara), angket, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan dianalisis dengan rumus regresi linear.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan guru dalam menggunakan strategi pembelajaran ekspositori tergolong baik. 2) Pemahaman siswa tergolong baik, hal ini terbukti dengan nilai rata-rata 75,2 dan pemahaman siswa ini lebih baik dari pada pemahaman sebelum menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. 3) Adanya pengaruh antara strategi pembelajaran ekspositori terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak. Hal ini terbukti dari hasil uji regresi linear sebesar 38,564% dengan asumsi bahwa variabel lainnya adalah konstan.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Ekspositori, Pemahaman siswa
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2009
Last Modified: 02 Feb 2015 07:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7194

Actions (login required)

View Item View Item