PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DAN TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA MAHASISWA : STUDI KOMPARATIF PADA MATA KULIAH MUTHALA’AH DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA

Huda, Hisbullah (2013) PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DAN TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA MAHASISWA : STUDI KOMPARATIF PADA MATA KULIAH MUTHALA’AH DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Penelitian Individu.

[img]
Preview
Text
EXCUTIVE SUMMARY huda.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya kemampuan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sunan Ampel Surabaya dalam memahami wacana berbahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pemahaman mahasiswa kelas Jigsaw dan kelas Investigasi Kelompok. Yang menjadi subyek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab semester IIIc dan IIId, yang masing-masing terdiri atas 20 mahasiswa. Untuk menmperoleh data hasil belajar mahasiswa digunakan tes tulis dan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan uji-t (T-test). Hasil analisis uji-t menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan pemahaman mahasiswa terhadap teks berbahasa Arab antara kelas yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Investigasi Kelompok. Hal ini berarti hipotesis kerja (Ha) ditolah dan hipotesis nihil (Ho) diterima

Email:
Item Type: Article
Additional Information: Hisbullah Huda
Uncontrolled Keywords: Cooperative learning; jigsaw; group investigation; pemahaman membaca mahasiswa; muthala’ah; pendidikan Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Karya Ilmiah > Laporan Penelitian
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Jun 2016 06:27
Last Modified: 29 Jun 2016 06:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7166

Actions (login required)

View Item View Item