PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MINU NGINGAS WARU PADA MATERI TUMBUHAN HIJAU DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Solihah, Nuri Wahidatus (2016) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MINU NGINGAS WARU PADA MATERI TUMBUHAN HIJAU DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (836kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Dalam yang pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam khususnya pada materi tumbuhan hijau guru menggunakan metode ceramah, dari hasil pengamatan peneliti siswa terlihat kurang termotivasi karena merasa bosan dan mengantuk. Dari hasil angket pra siklus yang telah dibagikan kepada siswa diketahui hanya 28% dari 29 siswa yang memiliki motivasi belajar sangat tinggi. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menerapkan metode eksperimen untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Peneliti memilih metode eksperimen dikarenakan metode tersebut mampu memberikan bukti kongkrit tentang materi yang sedang dipelajari dan mampu memberikan rasa penasaran kepada siswa sehingga siswa merasa tertarik.
Tujuan dilakukannya penelitian ini diantaranya: (1) mengetahui penerapan metode eksperimen pada materi tumbuhan hijau untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V MINU Ngingas Waru; (2) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas V di MINU Ngingas Waru setelah diterapkannya metode eksperimen pada materi tumbuhan hijau.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Sebelum diadakannya siklus peneliti mengadakan pra siklus. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, angket dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian yang didapatkan yaitu: (1) penerapan pelaksanaan metode eksperimen pengamatan aktivitas guru pada siklus I sebesar 78% meningkat menjadi 97% pada siklus II, sedangkan untuk pengamatan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 70% menjadi 94% pada siklus II, termasuk kategori sangat baik; (2) peningkatan motivasi belajar siswa dari tahap pra siklus sebesar 28% kategori motivasi rendah mengalami peningkatan, pada tahap siklus I menjadi 76% kategori motivasi tinggi, kemudian pada tahap siklus II meningkat mencapai 93% kategori motivasi sangat tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah metode eksperimen dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V MINU Ngingas Waru pada materi tumbuhan hijau mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Solihah, Nuri Wahidatusnuriwahidatus@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Peningkatan motivasi belajar; Ilmu Pengetahuan Alam; Metode eksperimen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nuri Wahidatus Solihah
Date Deposited: 29 Jun 2016 06:32
Last Modified: 29 Jun 2016 06:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7162

Actions (login required)

View Item View Item