PENINGKATAN PEMAHAMAN AL-MUFRADAT PELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI STRATEGI PAIR CHECK PADA SISWA KELAS 2B MI BADRUSSALAM SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Romadloni, Nadhifah (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN AL-MUFRADAT PELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI STRATEGI PAIR CHECK PADA SISWA KELAS 2B MI BADRUSSALAM SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (819kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Siswa kelas 2B MI Badrussalam Surabaya memiliki kesulitan dalam memahami al-Mufradat pelajaran Bahasa Arab. Sebagian besar siswa menganggap bahwa Bahasa Arab adalah pelajaran yang sulit karena tidak sama dengan bahasa yang digunakan sehari hari. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa terhadap pelajaran Bahasa Arab. Hal ini tercermin dari nilai rata-rata pada saat sebelum dilakukannya penelitian masih dibawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal/KKM.
Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah; 1) Bagaimana penerapan strategi Pair Check dalam pembelajaran Bahasa Arab, 2) Bagaimana peningkatan pemahaman al-Mufrada>t kelas 2B MI Badrussalam Surabaya dalam pembelajaran Bahasa Arab dengan strategi Pair Check.
Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, Tes, dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif dan data kuantitatif berupa rumus nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar juga dianalsiis secara deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas 2B MI Badrussalam Surabaya tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah peserta didik 26 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan setiap aspeknya. Aktivitas guru pada siklus I dari total 13 kegiatan pembelajaran 4 diantaranya belum dilaksanakan guru dan pada siklus II semua kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan baik. Aktivitas siswa pada siklus I dari 13 kegiatan diantaranya 5 kegiatan tidak dilakukan oleh siswa dan pada siklus II hanya 1 kegiatan yang tidak dilakukan. Skor rata-rata kelas pra siklus sebesar 60,75 dengan persentase sebesar 35% dari 26 siswa. siklus I mencapai 72,3 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 57,6% dari 26 siswa. Kemudian pada siklus II skor rata-rata kelas mencapai 85 dengan persentase ketuntasan belajar 88,4% dari 26 siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Romadloni, NadhifahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nadhifah Romadloni
Date Deposited: 29 Jun 2016 05:17
Last Modified: 29 Jun 2016 05:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7104

Actions (login required)

View Item View Item