STUDI KORELASI ANTARA PENGGUNAAN METODOLOGI PENGAJARAN AGAMA (MPA) DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD AL-HIKMAH GAYUNGSARI SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofi, M (1999) STUDI KORELASI ANTARA PENGGUNAAN METODOLOGI PENGAJARAN AGAMA (MPA) DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD AL-HIKMAH GAYUNGSARI SURABAYA. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

Masalah yang menjadi kajian dalam penulisan skripsi ini adalah: metode apa yang digunakan oleh guru PAI dalam mengajarkan kepada siswa-siswinya di SD al Hikmah Gayungsari Surabaya, adakah hubungan antara penggunaan metodologi pengajaran PAI dengan motivasi belajar siswa, sejauh mana antara penggunaan metodologi pengajaran agama dengan motivasi belajar siswa SD al Hikmah tersebut. Adapun metode penelitian yang dipakai dalam penulisan skripsi ini dengan populasi kepala sekolah (1 orang), guru agama (4 orang) serta siswa kelas IV dan V berjumlah 235 anak, kemudian diambil 18% dari jumlah siswa dan guru 4 orang yang berjumlah 43, teknik pengumpulan datanya dengan metode observasi, dokumentasi, interview dan angket, sedang analisa datanya dengan teknik statistik yang menggunakan prouduct moment. Penelitian ini memberikan suatu kesimpulan bahwa: (1) dalam mengajarkan materi pendidikan agama guru PAI di SD al HIkmah dengan menggunakan metode ceramah, demontrasi, driil, tanya jawab, resitasi dan metode cerita, (2) bahwa penggunaan metodologi pengajaran agama Islam mempunyai hubungan yang positif dengan motivasi belajar siswa di sekolah tersebut. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan koefisiensi korelasi dari prouduct moment yaitu sebesar 0,777, (3) berdasarkan pada tabel interprestasi yang ada, maka antara penggunaan metodologi agama dengan motivasi belajar siswa terdapat korelasi yang sangat kuat, yaitu berkisar 0,90 – 1,00.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Husni M. Shaleh
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofi, MUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Metodologi pengajaran agama; prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 283 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2016 03:18
Last Modified: 28 Jun 2016 03:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7095

Actions (login required)

View Item View Item