ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TERBUKA (OPEN-ENDED) DIBEDAKAN DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Siam, Marsalinda Farkhatus (2016) ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TERBUKA (OPEN-ENDED) DIBEDAKAN DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Kreativitas merupakan salah satu komponen penting di era globalisasi saat ini. Akan tetapi pada kenyataannya, pembelajaran di sekolah cenderung mengesampingkan kreativitas siswa. Salah satu pembelajaran yang dapat membantu siswa mengembangkan proses berpikir kreatif ialah matematika. Mengembangkan proses berpikir kreatif siswa dapat dilakukan dengan cara membiasakan siswa menyelesaikan masalah matematika dalam bentuk masalah terbuka. Setiap siswa tentunya memiliki gaya belajar yang berbeda, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah terbuka dibedakan dari gaya kognitif field dependent dan field independent.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 4 orang, diambil dari siswa kelas XI MIA 1 di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo yang telah diberikan Group Embeded Figures Test (GEFT) untuk membedakan gaya kognitif field dependent dan field independent. Pengumpulan data dengan tes tertulis dan wawancara. Tes dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator proses berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah terbuka. Tahapan proses berpikir kreatif yang digunakan menurut Campbel dan tahapan menyelesaikan masalah berdasarkan Polya.
Berkaitan dengan tujuan penelitian, hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah deskripsi proses berpikir kreatif siswa bergaya kognitif field dependent dan field independent pada setiap tahapan menyelesaikan masalah yang terdiri dari memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali penyelesaian. Selain itu perbedaan proses berpikir kreatif siswa bergaya kognitif field dependent dan field independent dalam menyelesaiakan masalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Siam, Marsalinda FarkhatusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Uncontrolled Keywords: Kreativitas; proses berpikir kreatif; gaya kognitif field dependent
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Hidayah
Date Deposited: 24 Jun 2016 07:30
Last Modified: 24 Jun 2016 07:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7010

Actions (login required)

View Item View Item