STUDI PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI METODE MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SLTP NEGERI 2 SEDATI SIDOARJO

Wahyudi, Joko (1999) STUDI PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI METODE MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SLTP NEGERI 2 SEDATI SIDOARJO. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (983kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (910kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (965kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (994kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Persoalan yang dikaji dalam penulisan skripsi ini adalah: metode apa saja yang digunakan oleh guru pendldikan agama Islam dalam mengajarkan materi pendidikan agama lslam di SLTP. NEGERI II Sedati Sldoarjo, bagaimanakah prestasi belajar siswa dengan adanya variasi metode tersebut, adakah pengaruh variasi metode mengajar terhadap prestasi belajar siswa khususnya pada bidang studi pendidikan agama Islam. Adapun metode penelitian yang dipakai dalam penulisan skripsi ini dengan penelitian populasi yaitu semua siswa yang berjumlah 664 anak dan semua guru yang berjumlah 38 orang. Sedang jenis datanya berupa data kualitatif dan data kwantitatif, sumber datanya berupa data primer dan skunder. Sedangkan metode pengumpulan datanya dengan metode observasi, interview, dukumentasi, dan questioner atau angket. Sedang metode analisa datanya yaitu dengan metode berfikir sistematis dan metode statistik. Penelitian ini memberikan suatu kesimpulan bahwa: (1) para guru dalam menyajikan materi pendidikan agama Islam untuk mencapai tujuannya di SLTP negeri 2 Sedati Sirioarjo dalam menggunakan variasi metode mengajar sesuai- dengan materinya, (2) dilihat dari hasil analisa data statistik menunjukkan rxy = 0,536 sedangkan rt pada tabel slgnifikansi 5 % = O,361 1 % = O,463 atau dengan kata lain bahwa 0,361 (0, 536 ) 0,463. Ini nrenunjukkan adanya korelasi yang sedang antara penggunaan variasi metode mengajar terhadap prestasi belajar siswa, (3) dengan menggunakan variasi metode rnengajar mempunyai pengaruh terhadap prestasi bslajar sisla khususnya pelajaran pendidlkan agama Islam di SLTP Negeri 2 Sedati Sidoarjo.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: A. Muhtadi
Uncontrolled Keywords: Metode mengajar; prestasi belajar; pendidikan agama islam
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 283 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2016 07:09
Last Modified: 24 Jun 2016 07:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/6977

Actions (login required)

View Item View Item