PENGARUH LINGKUNGAN KEAGAMAAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA SISWA SMP WACHID HASYIM 7 BENOWO SURABAYA

Istifa’iyah, Istifa’iyah (1999) PENGARUH LINGKUNGAN KEAGAMAAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA SISWA SMP WACHID HASYIM 7 BENOWO SURABAYA. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (935kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

Persoalan yang dikaji dalam penulisan skripsi ini adalah: bagaimanakah lingkungan keagamaan keluarga siswa-siswi SMP Wachid Hasyim 7 Benowo Surabaya, bagaimanakah prestasi belajar siswa-siswi tersebut, dibidang studi PAI, dan adakah pengaruh lingkungan keagamaan keluarga terhadap prestasi belajar PAI siswa-siswi SMP wachid Hasyirn 7 Benowo surabaya. Adapun metode penelitian yang dipakai dalam penulisan skripsi ini yaitu dengan populasi yang berjumlah 564 siswa, sedangkan sampelnya diambil dari siswa kelas II yang berjumlah 191 siswa sebanyak 20% yaitu:
Jadi 191 x _20_ = 38, 2 atau sampelnya yaitu 38 siswa.Sedang jenis data dan sumber datanya dengan menggunakan kwalitatif dan kwantitatif, metode pengumpulan datanya dengan observasi, interview, dokumentasi, dan angket. Sedang analisa datanya dengan teknik analisa korelasi product moment. Penelitian ini memberikan sustu kesimpulan bahwa: (1) sesuai dengan angket yang penulis sebarkan kepada responden rnenunjukkan bahwa lingkungan keagamaan keluarga siswa SMP Wachid Hasyim 7 telah memenuhi kategori lingkungan keagamaan keluarga yang mendukung keberhasilan anak/siswa. Hal ini dibuktikan dengan perhatian orang tua yang sangat keras dalam memperhatikan prestasi belajarnya di sekolah seperti dinyatakan dalam angket jika anak memenuhi kesulitan dalam belajar apkah orang tua ikut membantu memecahkan masalahnya, kebanyakan jawaban adalah ya, selalu membantunya dan jika ditanya apakah anda giat dalam mempelajari pelajaran khususnya PAI, kebanyakan jawabannya giat sekali. Demikian juga orang tua selalu melakukan kebiasaan hidup yang sesuai dengan tuntunan agama (2) mengenai prestasi belajg siswa dalam mata pelajaran PAI bisa dikatakan cukup. Karena hasil tersebi.rt diambil dari nilai hasil raport siswa, hal ini bisa dibuktikan bahwa dari keselwuhan responden kebanyakan memperoleh sekor nilai 8 ada 44,74% sedangkan yang memperoleh nilai 7 yaitu 36,84% dan yang memperoleh nilai 6 sekitar 18,42 % (3) dari hasil analisa data telah memberikan gambaran bahwa "Ada pengaruh lingkungan keagamaan keluarga terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam". Hal ini dapat dibulaikan dari hasil perhitungan dengan menggunakan rumus korelasi product moment, dimana nilai koefis.ien korelasi r hasil perhitungan atau observasi ro : 0,704. Apabila nilai ro tersebut dikonsultasikan dan diperbandingkan dengan nilai r pada tabel (rt) dengan df 38, maka taraf signifikansi 5% diperoleh 0, 320 dan pada taraf signifikansi 1% diperoleh 0,413. Maka nilai ro sebesar 0,704 itu lebih besar daripada nilai r pada tabel (rt) baik pada taraf signifikansi 5% maupun taraf signifikansi 1%. Dengan demikian maka ada pengaruh antara lingkungan keagamaan keluarga dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sugeng
Uncontrolled Keywords: Keluarga; Prestasi belajar; pendidikan islam
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Prestasi Belajar
Depositing User: Users 283 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2016 03:18
Last Modified: 24 Jun 2016 07:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/6968

Actions (login required)

View Item View Item