PEMIKIRAN YUSUF QARDAWI DAN ‘ABDUL ‘AZIZ BIN BAZ TENTANG BANK KONVENSIONAL: Studi Komparatif Tentang Sistem, Hukum Bekerja, dan Gaji

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyudi, Muchammad Arif (2014) PEMIKIRAN YUSUF QARDAWI DAN ‘ABDUL ‘AZIZ BIN BAZ TENTANG BANK KONVENSIONAL: Studi Komparatif Tentang Sistem, Hukum Bekerja, dan Gaji. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul ‚Pemikiran Yu>suf Qard}a>wi> dan ‘Abdul ‘Azi>z bin Baz tentang bank konvensional‛ (Studi Komparatif Tentang Sistem, Hukum Bekerja, dan Gaji) ini adalah hasil penelitian pustaka untuk menjawab pertanyaan: Bagaimana pemikiran antara Yu>suf Qard}a>wi> dan ‘Abdul ‘Azi>z bin Baz tentang sistem bank konvensional. Bagaimana persamaan dan perbedaan pemikiran antara Yu>suf Qard}a>wi> dan ‘Abdul ‘Azi>z bin Baz tentang hukum bekerja, dan gaji yang diterima di bank konvensional?
Penelitian ini merupakan penelitian normatif (legal reserch), yang merupakan studi dokumen, yakni menggunakan sumber-sumber data primer dan sekunder. Data penelitian dihimpun melalui studi dokumen, mengumpulkan data yang didasarkan atas literatur, laporan atau publikasi yang ada berdasarkan penelitian-penelitian yang lain yang sesuai. Kemudian dianalisis dengan tekhnik deskriptif-komparatif, yaitu menggambarkan dan membandingkan pemikiran Yu>suf Qard}a>wi> dan ‘Abdul ‘Azi>z bin Baz mengenai sistem, hukum bekerja, dan gaji yang diterima di bank konvensional.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwasanya pemikiran antara Yu>suf Qard}a>wi> dan ‘Abdul ‘Azi>z bin Baz menggenai sistem bank konvensional yaitu Yu>suf Qard}a>wi> menyatakan bahwasanya tidak semua transaksi yang ada di perbankan konvensional menggandung riba, Sedangkan ‘Abdul ‘Azi>z bin Baz menyatakan sebaliknya bahwasanya semua transaksi yang ada di bank konvensional menggandung riba.
Persamaan pemikiran Yu>suf Qard}a>wi> dan ‘Abdul ‘Azi>z bin Baz menyusun pemikiran mereka tentang hukum bank konvensional dengan bertolak dari satu pangkal yang sama, yaitu bahwa riba itu dilarang atau diharamkan. Adapun Perbedaanya yaitu Pemikiran Yu>suf Qard}a>wi> menganggap bahwasanya sistem dan transaksi yang ada di perbankan konvensional tidak seluruhnya mengandung riba, sebab masih banyak transaksi di bank konvensional adalah halal, baik dan tidak terdapat keharaman didalamnya. Adapun bekerja disana diperbolehkan karena agar dunia perbankan tidak di kuasai oleh orang non-muslim, tidak semua pekerjaan atau transaksi yang ada di perbankan konvensional tergolong riba, pekerjaan sebagai pegawai bank terpaksa diterima karena kebutuhan hidup yang mendesak. Sedangkan pemikiran ‘Abdul ‘Azi>z bin Baz menganggap sebaliknya bahwasanya semua sistem, transaksi maupun pekerjaan yang ada di bank konvensional adalah riba, karena hal itu turut serta membantu mereka di dalam melakukan dosa dan pelanggaran. Adapun gaji yang diterima dari bekerja di bank konvensional menurut Yu>suf Qard{awi adalah boleh sedangkan menurut ‘Abdul ‘Azi>z tidak boleh atau di haramkan.
Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka bagi para praktisi perbankan agar dapat memperdalam pengetahuanya dalam permasalahan hukum Islam khususnya dalam bidang muamalah agar dari hasil pekerjaanya dapat ditinjau lagi apakah telah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh umat dalam menjalankan sebuah pekerjaanya. Untuk mahasiswa fakultas syari’ah, agar memperdalam pengetahuanya tentang permasalahan hukum Islam kontemporer khususnya dalam bidang muamalah sebagai usaha mencari solusi problematika masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Suqiyah Musyafa’ah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyudi, Muchammad ArifUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Bank Islam
Hukum Islam
Uncontrolled Keywords: Pemikiran Yusuf Qardhawi;Aziz bin Baz; Bank Konvensional; Pekerja; Gaji
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2015 05:19
Last Modified: 12 Feb 2015 05:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/695

Actions (login required)

View Item View Item