NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU TASAWUF SEBAGAI KRITIK SOSIAL KARYA SAID AQIL SIRAJ

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikam, Ufi Bahrul (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU TASAWUF SEBAGAI KRITIK SOSIAL KARYA SAID AQIL SIRAJ. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (952kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (948kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

Krisis akhlak yang menimpa negeri ini telah menyadarkan kita semua untuk berlomba-lomba memperbaikinya, minimal dimulai dari diri sendiri. Kembali kepada ajaran al-Qur’an dan al-Sunnah merupakan solusi yang tepat dalam penyelesaian krisis akhlak ini untuk itu dipilihlah pokok permasalahan tentang nilai-nilai pendidikan tasawuf ayang terkandung dalam buku Tasawuf sebagai Kritik Sosial karya Said Aqil Siraj, dan implementasi nilai-nilai tersebut dalam buku itu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan tasawuf yang terkandung dalam buku Tasawuf sebagai Kritik Sosial karya Said Aqil Siraj, dan implementasi nilai-nilai tersebut dalam buku itu. Karena disamping penulis ingin mengetahui nilai-nilai pendidikan tasawuf tersebut, penulis juga ingin mengetahui apakah realita masayarakat Islam Indonesia masa kini telah mencerminkan nilai-nilai pendidikan tasawuf atau kah jauh sekali.
Penulisan skripsi ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Dan metode yang digunakan dalam menganalisis datanya adalah content Analysis (Analisis Isi). Oleh karena itu, guna mendapatkan data-data yang dibutuhkan, peneliti menelaah buku-buku kepustakaan yang relevan dengan judul skripsi ini. Berdasarkan penelitian ini, maka kami menyimpulkan bahwa: Pertama, nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam buku Tasawuf sebagai Kritik Sosial karya Said Aqil Siraj, antara lain: mendekatkan diri kepada Allah (Allah), tawassuth (moderat), tawazun (keseimbangan), i’tidal (jalan tengah), tasamuh (toleran, pengertian). Kedua, implementasi nilai-nilai tersebut dalam buku itu bisa dijelaskan bahwa dalam praktik-praktik umat Islam sehari-hari mengandung nilai-nilai pendidikan tasawuf yang dapat dijadikan motivasi dan sekaligus pelajaran bagi mereka untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT (taqarrub) dan mengenal-Nya lebih dekat lagi. Seperti contoh zikir, doa, wirid, ini semua dasarnya bersumber dari al-Qur’an sebagaimana dijelaskan dalam pembahasan di atas pada surah al-Baqarah ayat 152. Dan empat nilai yang lain (tawassutrh, tawazun, i’tidal, dan tasamauh) adalah terimplementasikan dalam organisasi-oragnisasi sosial, seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Yahya Aziz
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikam, Ufi BahrulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Pendidikan
Tasawuf
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; kritik sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Hidayah
Date Deposited: 22 Jun 2016 03:54
Last Modified: 22 Jun 2016 03:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/6943

Actions (login required)

View Item View Item