PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KANCING PUTIH DAN KANCING HITAM SISWA KELAS IV MI NURUL ULUM GRABAGAN TULANGAN SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Makrifah, Mimik (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KANCING PUTIH DAN KANCING HITAM SISWA KELAS IV MI NURUL ULUM GRABAGAN TULANGAN SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena perlunya dilakukan perubahan dalam peningkatan hasil belajar. Adanya beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar Matematika yaitu guru masih menyampaikan materi dengan ceramah, kurang memberi motivasi belajar dan dalam proses pembelajaran kurang melibatkan siswa secara aktif. Tindakan perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan di kelas IV MI Nurul Ulum Grabagan Tulangan Sidoarjo. Jumlah siswa sebanyak 14 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan perbaikan ini dilaksanakan dalam 2 siklus PTK dengan media kancing putih dan kancing hitam.
Dari uraian diatas, peneliti merumuskan masalah 1. Bagaimana penggunaan media kancing putih dan kancing hitam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Nurul Ulum Grabagan pada pelajaran Matematika materi penjumlahan bilangan bulat. 2. Apakah penggunaan media kancing putih dan kancing hitam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Nurul Ulum Grabagan pada pelajaran Matematika materi penjumlahan bilangan bulat.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui proses pembelajaran Matematika dengan menggunakan media kancing putih dan kancing hitam. 2. Untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran Matematika dengan materi penjumlahan bilangan bulat pada siswa kelas IV Mi Nurul Ulum Grabagan .
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif, untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian – kajian reflektif, partisipatif dan kolaboratif. Metode penelitian menggunakan model Kemmis dan Taggart melalui dua tahapan siklus penelitian tindakan kelas. Intrumen pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media kancing putih dan kancing hitam dapat (1) Meningkatka aktifitas guru dalam pembelajaran, yaitu 86 % (siklus I) menjadi 94 % (siklus II), serta kektifan siswa 75 % (siklus I) menjadi 91 % (siklus II). (2) Meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus yaitu 50 % (siklus I) menjadi 100 % (siklus II). Dari hasil pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus I sampai dengan siklus II menunjukkan peningkatan hasil pembelajaran yang maksimal. Dengan demikian tindakan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan media kancing putih dan kancing hitam dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa materi penjumlahan bilangan bulat.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Maunah Setyawati
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Matemetika; Penjumlahan Bilangan Bulat; Media Kancing Putih Dan Kancing Hitam
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Matematika Realistik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2015 04:50
Last Modified: 12 Feb 2015 04:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/687

Actions (login required)

View Item View Item