PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MASALAH TERBUKA, PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENGAJUAN MASALAH DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Nur (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MASALAH TERBUKA, PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENGAJUAN MASALAH DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Matematika mempunyai peranan penting dalam berbagai disiplin ilmu sehingga dapat memajukan daya pikir manusia. Berdasarkan praktek pengalaman lapangan (PPL) menunjukkan bahwa tidak ada ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran matematika karena pengajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional. Sehingga guru harus memilih pendekatan pembelajaran sesuai dengan materi pembelajaran. Penggunaan pendekatan pembelajaran ini sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Ada banyak pendekatan digunakan dalam pembelajaran diantaranya yaitu pendekatan masalah terbuka, pendekatan pengajuan masalah, dan pendekatan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran masalah terbuka, pendekatan pembelajaran pengajuan masalah, dan pendekatan pembelajaran pemecahan masalah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan menggunakan data kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. Al Karimi Tebuwung Dukun Gresik tahun pelajaran 2013-2014. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan cara Random Sampling. Sampel penelitian terdiri dari kelas VIII-A menggunakan pendekatan pembelajaran pengajuan masalah, kelas VIII-B menggunakan pendekatan pembelajaran masalah terbuka dan kelas VIII-C menggunakan pendekatan pembelajaran pemecahan masalah. Instrument yang digunakan meliputi RPP, dan lembar observasi (soal tes). Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik yang meliputi uji normalitas, homogenitas dan uji Anova One Way.
Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran masalah terbuka, pendekatan pembelajaran pengajuan masalah, dan pendekatan pembelajaran pemecahan masalah. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kelas yang menggunakan pendekatan pembelajaran masalah terbuka sebesar 66,11, kelas yang menggunakan pendekatan pembelajaran pengajuan masalah sebesar 67,09 dan kelas yang menggunakan pendekatan pembelajaran pemecahan masalah sebesar 66,77, serta uji Anova One Way dengan menggunakan taraf signifikansi ( ) 0,05 diperoleh Fhitug sebesar 0,06 dan Ftabel sebesar 3,09 maka Fhitug Ftabel . Hal ini disebabkan beberapa faktor yang tidak terkontrol seperti latar belakang lingkungan sekolah, kondisi belajar siswa terutama manajemen kelas selama proses pembelajaran, belum berlangsung secara maksimal dan guru yang hanya memberikan pembelajaran secara konvensional, sehingga guru belum menguasai pendekatan secara utuh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: A. Saepul Hamdani
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Pendekatan Pembelajaran; Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2015 04:46
Last Modified: 12 Feb 2015 04:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/686

Actions (login required)

View Item View Item