ANALISIS AKTIVITAS KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH JENIS WELL STRUCTURED PROBLEM, MODERATELY STRUCTURED PROBLEM DAN ILL STRUCTURED PROBLEM PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI KELAS IX-E SMP NEGERI 1 NGRONGGOT NGANJUK

Rosy, Nisak Nirmala (2014) ANALISIS AKTIVITAS KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH JENIS WELL STRUCTURED PROBLEM, MODERATELY STRUCTURED PROBLEM DAN ILL STRUCTURED PROBLEM PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI KELAS IX-E SMP NEGERI 1 NGRONGGOT NGANJUK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Aktivitas kritis dalam belajar matematika merupakan kegiatan yang bertujuan untuk merangsang agar siswa dapat berfikir kritis dalam memperoleh pengetahuan matematika berdasarkan penalaran matematika. Aktivitas kritis siswa memiliki 4 indikator antara lain: menyebutkan apa yang diketahui di dalam masalah, menyebutkan langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan, membuat gambar dari permasalahan, dan menyelesaikan permasalahan yang ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana aktivitas kritis siswa kelompok atas, sedang dan bawah dalam memecahkan masalah jenis well structured problem, moderately structured problem, dan ill structured problem dengan menggunakan materi prisma dan limas di kelas IX SMP Negeri 1 Ngronggot Nganjuk tahun ajaran 2013/2014
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX-E SMP Negeri 1 Ngronggot Nganjuk pada semester ganjil tahun ajaran 2013/1014 dengan materi prisma dan limas kelas VIII semester genap. Subjek penelitian ini enam siswa yaitu masing-masing 2 siswa dari kelompok atas, sedang, dan bawah berdasarkan nilai rapor matematika siswa kelas VIII semester genap.
Berdasaarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa : (1) Aktivitas kritis setiap siswa kelompok atas menunjukkan bahwa mereka telah melalui keempat indikator yaitu menyebutkan apa yang diketahui didalam masalah, menyebutkan langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan, membuat gambar dari permasalahan, dan menyelesaikan maslah kecuali untuk subjek kedua ditak melalui indikator kedua. (2) Aktivitas kritis siswa kelompok sedang menunjukkan bahwa mereka telah melalui tiga indikator yaitu menyebutkan apa yang diketahui didalam masalah, membuat gambar dari permasalahan, dan menyelesaikan permasalahan yang telah ditemukan kecuali subjek ketiga pada masalah kedua dapat melului keempat indikator. Siswa pada kelompok sedang dalam melalui indikator keempat termasuk katagori cukup baik dalam menyelesaikan masalah (3) Aktivitas kritis siswa kelompok bawah menunjukkan bahwa subjek ketiga dan keempat kurang baik dalam menyelesaikan indikator walaupun mereka menyelesaikan keempat indikator.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Yuni Arrifadah
Uncontrolled Keywords: Ativitas Kritis; Well Structured Problem; Moderately structured Problem; Ill Structured Problem
Subjects: Bimbingan Belajar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2015 04:41
Last Modified: 12 Feb 2015 04:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/683

Actions (login required)

View Item View Item