NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB TAJ AL ‘ARUS AL-HAWI LI TAHDZIB AL-NUFUS KARANGAN IBNU ATHAILLAH AL-ISKANDARI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khotimah, Chusnul (2015) NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB TAJ AL ‘ARUS AL-HAWI LI TAHDZIB AL-NUFUS KARANGAN IBNU ATHAILLAH AL-ISKANDARI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari hidup dan kehidupan manusia. Pendidikan sebagai salah satu kebutuhan, fungsi sosial, sebagai bimbingan, sarana pertumbuhan yang mempersiapkan dan membukakan serta membentuk disiplin hidup. Pendidikan tidak hanya mendidik para peserta didiknya untuk menjadi manusia yang cerdas, tetapi juga membangun kepribadiannya agar berakhlak mulia. Saat ini, pendidikan di Indonesia dinilai oleh banyak kalangan tidak bermasalah dengan peran pendidikan dalam mencerdaskan para peserta didiknya, namun dinilai kurang berhasil dalam membangun kepribadian peserta didiknya agar berakhlak mulia. Oleh karena itu, pendidikan akhlak dipandang sebagai kebutuhan yang mendesak.
Penelitian ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Taj al ‘Arus al-Hawi li Tahdzib al-Nufus karangan Ibnu Athaillah Al-Iskandari ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka (library research), yaitu meneliti secara mendalam mengenai kitab Tajul ‘Arus. Sumber data penelitian di sini berasal dari sumber data primer dan sumber data sekunder, sedangkan untuk menganalisis data yang ada penulis mengorganisir, memilih dan memilah untuk disintesiskan kemudian menemukan pola dan menyimpulkannya. Setelah dilakukan peneltitian dengan pendekatan tersebut dapat diketahui bahwa nilai pendidikan akhlak dalam kitab Tajul ‘Arus terbagi menjadi 3 aspek, yang pertama, Akhlak kepada Allah, yang kedua, Akhlak kepada diri sendiri dan yang ketiga, akhlak kepada sesama manusia. Nilai pendidikan akhlak dalam kitab Ta>j al ‘Aru>s al-H{a>wi> li Tahdzi>b al-Nufu>s ini didominasi akhlak mahmudah yang bersumber dari al-Quran dan Hadist memiliki implikasi positif bagi tercapainya tujuan nilai-nilai pendidikan akhlak dimasyarakat ataupun dalam lingkungan pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khotimah, ChusnulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Pendidikan Islam
Keywords: Akhlak; pendidikan akhlak.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Hidayah
Date Deposited: 15 Jun 2016 03:48
Last Modified: 15 Jun 2016 03:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/6811

Actions (login required)

View Item View Item