PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG BILANGAN GANJIL DAN BILANGAN GENAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS II MI SAWOCANGKRING

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofiqoh, Ainatur (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG BILANGAN GANJIL DAN BILANGAN GENAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS II MI SAWOCANGKRING. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Pada saat pembelajaran matematika tentang bilangan ganjil dan bilangan genap di kelas II MI Roudlotul Islamiyah Sawocangkring banyak siswa yang nilainya rendah dan kurangnya semangat dalam belajar. Untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bilangan ganjil dan bilangan genap peneliti melakukan tindakan pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.
Adapun rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran koopertaif tipe Jigsaw siswa kelas II MI Roudlotul Islamiyah Sawocangkring tentang bilangan ganjil dan bilangan genap pada mata pelajaran matematika? (2) Apakah ada peningkatan hasil belajar tentang bilangan ganjil dan bilangan genap pada mata pelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw siswa kelas II MI Roudlotul Islamiyah Sawocangkring? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran koopertaif tipe Jigsaw siswa kelas II MI Roudlotul Islamiyah Sawocangkring tentang bilangan ganjil dan bilangan genap pada mata pelajaran matematika? (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tentang bilangan ganjil dan bilangan genap pada mata pelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw siswa kelas II MI Roudlotul Islamiyah Sawocangkring?
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Pada teknik observasi menggunakan lembar observasi guru dan lembar observasi siswa, pada teknik tes adalah dengan butir-butir soal tes, pada teknik wawancara dilakukan dengan cara wawancara terbuka terhadap guru pengamat dan siswa kelas II, sedangkan pada teknik dokumentasi dilakukan untuk mengetahui profil sekolah, data-data pembelajaran, dan foto dalam proses penelitian. Adapun teknik analisis data yaitu dengan menganalisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini dapat diperoleh sebagai berikut (1) Pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw siswa kelas II MI Roudlotul Islamiyah Sawocangkring tentang bilangan ganjil dan bilangan genap pada mata pelajaran matematika telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil skor observasi aktifitas guru meningkat dari siklus I sebesar 72,92% (cukup baik) sedankan siklus II menjadi 91,67% (sangat baik). Dan hasil observasi terhadap aktifitas siswa meningkat dari siklus I sebesar 71,43% (cukup baik) sedangkan siklus II menjadi 92,86% (sangat baik). (2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa tentang bilangan ganjil dan bilangan genap pada mata pelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di kelas II MI Roudlotul Islamiyah Sawocangkring. Hal ini dapat dijelaskan bahwa nilai rata-rata kelas siswa meningkat dari siklus I yaitu 68,1 menjadi 86,2 pada siklus II, serta prosentase ketuntas an hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 63,7% jumlah siswa tuntas dan pada siklus II sebesar 90,9% jumlah siswa tuntas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nadlir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofiqoh, AinaturUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Bilangan Ganjil dan Bilangan Genap; Matematika; Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2015 04:02
Last Modified: 12 Feb 2015 04:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/678

Actions (login required)

View Item View Item