PENINGKATAN KETRAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUI PENGGUNAAN BUKU TULIS HALUS PADA SISWA KELAS I MI KHOLID BIN WALID RENO KENONGO PORONG

Ma’sumah, Ma’sumah (2014) PENINGKATAN KETRAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUI PENGGUNAAN BUKU TULIS HALUS PADA SISWA KELAS I MI KHOLID BIN WALID RENO KENONGO PORONG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Menulis tegak bersambung merupakan suatu ketrampilan yag terdapat pada empat aspek pembelajaran Bahasa Indonesia dengan cara menggabungkan huruf demi huruf, sehingga membentuk suatu kata dan kalimat. Menulis tegak bersambung membutuhkan kesabaran dan ketekunan pada saat melakukannya.
Menurut Eko Siswanto (1995/1996) penggunaan contoh dan media buku tulis halus akan mempermudah siswa dalam menulis baik menulis huruf lepas maupun huruf tegak bersambung sesuai dengan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah tanggal 1 Juli 1983 tentang penegasan tulisan tangan.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa siswi kelas I MI Kholid Bin Walid Reno Kenongo Porong Kabupaten Sidoarjo dengan didampingi oleh salah satu guru senior sebagai teman sejawat atau supervisor 2 / observer. Penelitian ini dilakukan mulai awal bulan Oktober 2014 didahului dengan observasi awal, dilanjutkan dengan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, observasi per siklus dan diakhiri dengan evaluasi. Kegiatan dilaksanakan 2 siklus, dengan harapan kemampuan menulis tegak bersambung siswa akan meningkat.
Penelitian berdasarkan permasalahan bagaimanakah penerapan penggunaan contoh dan media buku tulis halus dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam menulis tegak bersambung pada siswa kelas I MI Kholid Bin Walid Reno Kenongo Porong Kabupaten Sidoarjo?
Tujuan penelitian ini adalah menemukan tindakan yang tepat untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam menulis tegak bersambung.
Dari hasil observasi awal, menunjukkan hamper siswa kelas I MI Kholid Bin Walid Reno Kenongo Porong Kabupaten Sidoarjo belum mampu menulis tegak bersambung dengan baik dan benar. Namun setelah menerapkan penggunaan contoh dan media buku tulis halus serta pemberian motivasi per siklusnya, menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa yang semula 47,4% pada siklus 1 meningkat menjadi 94,7% pada siklus 2 dan hasil belajar siswa meningkat yaitu pada siklus I mencapai 68,4% meningkat menjadi 94,7% pada siklus 2. Artinya melalui penggunaan contoh dan media buku tulis halus ketrampilan menulis tegak bersambung siswa MI Kholid Bin Walid Reno Kenongo Porong Kabupaten Sidoarjo mengalami peningkatan yang signifikan pada tahun pelajaran 2014/ 2015.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Mukhlishah AM
Uncontrolled Keywords: Menulis Tegak Bersambung, Buku Halus, Keterampilan Menulis
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2015 03:55
Last Modified: 12 Feb 2015 03:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/677

Actions (login required)

View Item View Item