PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI PECAHAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KERTAS PADA PESERTA DIDIK KELAS VI MI NURUL IKHLAS TAMBAKSAWAH WARU SIDOARJO SEMESTER DUA TAHUN PELAJARAN 2014-2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musdalifah, Musdalifah (2014) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI PECAHAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KERTAS PADA PESERTA DIDIK KELAS VI MI NURUL IKHLAS TAMBAKSAWAH WARU SIDOARJO SEMESTER DUA TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan nilai tes hasil belajar peserta didik kelas VI MI Nurul Ikhlas materi pokok operasi pecahan pada penjumlahan ,pengurangan, perkalian dan pembagian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan kurang berhasil. Hal ini mendorong peneliti untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan melaksanakan perbaikan pembelajaran dengan pendekatan kontestual dengan menggunakan media kertas. Peneliti memilih pendekatan CTL dengan menggunakan media kertas karena untuk membantu peserta didik memecahkan masalah yang timbul. Sehingga dari penerapan ini diharapkan pembelajaran dapat berlangsung menyenangkan dan hasil belajar dapat meningkat.
Adapun rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimana penerapan CTL dengan media kertas dalam meningkatkan pemahaman materi operasi pecahan pada peserta didik kelas VI MI Nurul Ikhlas ?(2) Bagaimana tingkat pemahaman materi operasi pecahan yang diperoleh peserta didik kelas VI setelah penerapan pendekatan CTL dengan media kertas? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menggambarkan penggunaan pendekatan CTL dengan media kertas. (2) Untuk mengetahui memaparkan tingkat keberhasilan peserta didik kelas VI MI Nurul Ikhlas Tambaksawah.
Penelitian ini bertempat di MI Nurul Ikhlas dengan subjek penelitian adalah kelas VI yang berjumlah 26 Peserta didik dengan rincian 11 laki-laki dan 15 perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilakukan berdasar empat tahapan, yaitu : (1) Penyusunan rencana kegiatan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Tehnik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan dan tes hasil belajar peserta didik.
Berdasar hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan CTL dengan media kertas dapat meningkatkan pemahaman peserta didik tentang konsep operasi pecahan dan meningkatkan aktivitas belajar siswapeserta didik kelas VI MI Nurul IKhlas Tambaksawah. Pembelajaran menjadi menyenangkan dan mudah dipahami sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Rubaidi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musdalifah, MusdalifahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Matematika Realistik
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Kontestual; Media Kertas; Operasi Pecahan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2015 03:47
Last Modified: 12 Feb 2015 03:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/676

Actions (login required)

View Item View Item