PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENGUKURAN BESAR SUDUT BAGI SISWA KELAS V B MINU NGINGAS WARU SIDOARJO

Wahyuni, Ninik (2014) PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENGUKURAN BESAR SUDUT BAGI SISWA KELAS V B MINU NGINGAS WARU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan nilai tes hasil siswa kelas V B MINU NGINGAS kecamatan Waru, materi pokok melakukan pengukuran sudut menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan kurang berhasil. Hal ini mendorong peneliti untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan melaksanakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran metode inkuiri. Peneliti memilih pembelajaran ini karena untuk membantu siswa memecahkan masalah yang timbul. Siswa bisa berinterakasi dan berdiskusi dengan temannya dalam kelompok, bekerja sama untuk mengatasi kesulitan dalam menyeleseikan pengukuran sudut. Di samping itu juga diharapkan pembelajaran dapat menjadikan anak kreatif, aktif berani mengungkapkan pendapat dan berlangsung menyenangkan siswa dan membuatnya nyaman.
Adapun rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimana penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran matematika tentang pengukuran sudut pada siswa kelas V B MINU Ngingas ? (2) Bagaimana efektifitas metode inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar tentang pengukuran sudut pada siswa kelas V B MINU Ngingas? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran matematika tentang pengukuran sudut pada siswa kelas V B MINU Ngingas Waru. (2) Untuk mengetahui efektifitas hasil belajar pembelajaran matematika tentang pengukuran sudut pada siswa kelas V B MINU Ngingas Waru.
Penelitian ini bertempat di MINU Ngingas Waru dengan subjek penelitian adalah kelas V B yang berjumlah 22 siswa dengan rincian 14 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilakukan berdasar empat tahapan, yaitu : (1) Penyusunan rencana kegiatan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Tehnik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan dan tes hasil belajar siswa.
Berdasar hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang pengukuran sudut, meningkatkan aktivitas siswa, dan meningkatkan kerja sama dalam menyeleseikan tugas kelompok pada siswa kelas V B MINU Ngingas Waru. Pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga siswa tidak cepat menjadi jenuh.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Rubaidi
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Inkuiri; Hasil Belajar; Pengukuran Besar Sudut
Subjects: Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2015 03:40
Last Modified: 12 Feb 2015 03:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/674

Actions (login required)

View Item View Item