MENGKONSTRUK KEUNGGULAN DIRI : STUDI FENOMENOLOGI MOTIVASI INSTRINSIK SISWA CERDAS ISTIMEWA BERBAKAT ISTIMEWA DI MAN 1 DAN SMAN 3 JOMBANG

Sodiq, Moh. (2014) MENGKONSTRUK KEUNGGULAN DIRI : STUDI FENOMENOLOGI MOTIVASI INSTRINSIK SISWA CERDAS ISTIMEWA BERBAKAT ISTIMEWA DI MAN 1 DAN SMAN 3 JOMBANG. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (909kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

Kesuksesan adalah ekspektasi semua orang, yang dapat dicapai melalui keunggulan diri. Dalam Sistem Pendidikan Nasional keunggulan diri dimaknai sebagai pencapaian karakter manusia seutuhnya. Sementara itu Islam memberikan perspektif keunggulan dengan menyebut, “semulia-mulia hamba Allah adalah yang paling bertakwa”. Keduanya mengisyaratkan kesuksesan hidup. Dengan berasumsi bahwa keunggulan diri adalah hak setiap individu yang bisa dipelajari dan diperjuangkan. Maka fenomena usaha mengkonstruk keunggulan diri menjadi sangat urgen dijadikan fokus kajian.
Untuk mengungkap fenomena di atas, dilakukan penelitian dengan subjek siswa cerdas istimewa di kelas unggulan MAN 1 Jombang dan di kelas akselerasi SMAN 3 Jombang, dengan mengangkat masalah, bagaimana ihwal anak cerdas istimewa-berbakat istimewa; bagaimana fenomena motivasi intrinsik di dalam diri mereka; dan bagaimana mereka mengkonstruk keunggulan diri.
Penelitian dilaksanakan secara kualitatif fenomenologi untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian dalam simbol-simbol persepsi, motivasi, tindakan, perilaku, dan apologi secara holistik pada suatu konteks khusus dan alamiah.
Melalui tahapan Invention, Discovery, Interpretation, dan Explanation, akhirnya ditemukan bahwa kecerdasan istimewa adalah salah satu manifestasi keberbakatan yang diperoleh sebagai fitrah melalui faktor genetik, di mana eksistensinya dapat diketahui melalui kapasitas intelegensi, aspek tumbuh kembang, dan kepribadian. Keberadaannya tidak serta-merta berujung pada kesuksesan melainkan dipengaruhi faktor ekstrinsik dan intrinsik selama proses pendidikan. Selanjutnya motivasi internal merupakan kesadaran diri yang menjadi pembangkit kesadaran transenden, kesadaran intuitif, kesadaran keilmuan, kesadaran kepemimpinan, kesadaran visioner dan kesadaran berterima. Sementara itu usaha mengkonstruk diri menjadi sisi tak terpisahkan dari kesadaran diri. Ia merupakan manifestasi gerakan dari kesadaran diri tersebut berupa gerakan “ṭawaf” secara terus-menerus yang dimulai dari i’tiqad dan niat, dilanjutkan gerak hati yang jernih, gerak fikir yang kritis dan objektif, gerak kepemimpinan yang cakap dan tegas, visi yang fokus dan progresif, serta sikap qana’ah dan bersyukur.

Email:
Item Type: Thesis (PhD)
Additional Information: Husain Aziz
Uncontrolled Keywords: Konstruk Keunggulan; Kecerdasan Instrinsik; Keceerdasan Istimewa
Subjects: Pendidikan
Psikologi
Divisions: Program Doktor > Ilmu Keislaman
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2015 01:27
Last Modified: 25 Sep 2017 10:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/665

Actions (login required)

View Item View Item