EFEKTIFITAS MEDIA FILM DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X-II SMA NEGERI 1 TAMAN SIDOARJO

Anshori, Dianisa Milanova (2013) EFEKTIFITAS MEDIA FILM DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X-II SMA NEGERI 1 TAMAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar sangat mempengaruhi aktivitas yang dilakukan oleh seseorang. Motivasi menimbulkan perubahan energi pada diri manusia. Pelaksanaan bimbingan kelompok membutuhkan motivasi yang timbul dari dalam diri siswa. Fenomena yang terjadi adalah masih banyak siswa yang kurang memiliki motivasi mengikuti bimbingan kelompok. Hal tersebut tampak dari banyaknya siswa yang cenderung pasif, siswa lebih senang berbicara dengan teman yang lain, melamun, atau melakukan kegiatan lain. Penelitian ini menggunakan media film untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X-II mengikuti bimbingan kelompok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas media film dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas X-II SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo.
Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-II sejumlah 36 siswa. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian dominan kuantitatif yang didukung oleh pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan pre eksperimen. Desain penelitian eksperiemen yang digunakan one group pretest posttest design. Metode pengumpulan data melalui skala likert, wawancara, checklist dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik parametrik komparasi uji T paired correlation untuk data kuantitatif, sedangkan analisis kualitatif menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian kualitatif berdasarkan checklist dan wawancara kepada koordinator BK dan siswa kelas X-II menunjukkan bahwa partisipan merasakan lebih termotivasi belajar berkat gambaran karakter dalam film yang menjadi cerminan bagi diri siswa. Hasil penelitian kuantitatif skor signifikansi untuk dua sisi, yaitu 0,003 lebih kecil dibandingkan dengan kesalahan toleransi 0,05 (5%), maka Ho ditolak dan Ha diterima berarti terdapat perbedaan motivasi belajar antara sebelum dan sesudah perlakuan bimbingan kelompok dengan media film. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media film dalam bimbingan kelompok efektif meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X-II SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Film; Bimbingan Kelompok; Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2015 00:57
Last Modified: 12 Feb 2015 00:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/660

Actions (login required)

View Item View Item