NILAI-NILAI PENDIDIKAN ETIKA SOSIAL DALAM AL-QUR’AN : KAJIAN QS. AL-HUJURAT AYAT 11-13

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aswati, Ani Tuti (2014) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ETIKA SOSIAL DALAM AL-QUR’AN : KAJIAN QS. AL-HUJURAT AYAT 11-13. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Etika merupakan salah satu cermin yang dapat mengantarkan seseorang menjadi pribadi yang baik. Namun melihat fenomena yang terjadi kehidupan pada zaman sekarang ini sudah jauh dari nilai-nilai yang terkandung didalam al-Qur’an.
Akibatnya bentuk penyimpangan terhadap nilai tersebut mudah ditemukan kehidupanmasyarakat.
Minimnya pengetahuan masyarakat terhadap pemahaman al-Qur’an, akan semakin memperparah kondisi masyarakat berupa dekadensi moral. Oleh karena itu, untuk memurnikan kembali kondisi yang sudah tidak relevan dengan ajaran Islam, satu-satunya upaya yang dapat dilakukan adalah dengan kembali kepada ajaran yang terdapat di dalamnya. Surat al-Hujurat ayat 11-13 membahas tentang menciptakan suasana yang harmonis di antara lingkungan masyarakat. Sehingga akan tercipta pribadi yang santun sesuai dengan tuntunan al-Qur.an.
Untuk memperoleh data yang representatif dalam pembahasan skripsi ini,digunakan metode penelitian kepustakaan (library reseach) dengan cara mencari,mengumpulkan, membaca, dan menganalisa buku-buku, ada relevansinya denganmasalah penelitian. Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah kualitatif. Adapun metode pembahasan tafsir dalam skripsi ini adalah metode tafsir Tahlili (analitis), karena metode tahlili adalah metode penafsiran yang berusaha menjelaskan Al-Qur’an dengan menguraikan berbagai seginya dan menjelaskan apa yang dimaksudkan oleh Al-Qur’an.
Nilai-nilai pendidikan yang terkandung didalam QS. Al-Hujurat ayat 11-13 adalah: Pendidikan menjunjung tinggi kehormatan sesama Muslim, Pendidikan berperasangka baik, agar tercipta persaudaraan yang harmonis dan senantiasa menjaga kepercayaan sesame manusia terutama sesama Muslim. Pendidikan ta’aruf. Sehubungan dengan berperasangka baik, ta’aruf adalah salah satu jalan agar tidak terjadi buruk sangka. Agar saling menjalin komunikasi yang baik dan menjaga silaturrahmi. Pendidikan taubat yaitu mengajarkan setiap manusia agar senantiasa mendekatkan diri kepada-Nya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Damanhuri
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aswati, Ani TutiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan; Etika Sosial; Al-Hujurat Ayat 11-13
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2015 08:41
Last Modified: 11 Feb 2015 08:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/649

Actions (login required)

View Item View Item