PEMBELAJARAN TAUHID DALAM PENDIDIKAN ISLAM : STUDI PEMIKIRAN ABDUL MUNIR MULKHAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Robby, Dimas Anugrah (2014) PEMBELAJARAN TAUHID DALAM PENDIDIKAN ISLAM : STUDI PEMIKIRAN ABDUL MUNIR MULKHAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (497kB) | Preview

Abstract

Tauhid menjadi inti dari segala ajaran Islam, mutlak bagi seorang Muslim untuk mengetahuinya. Hal ini bisa mempengaruhi kualitas ritual ibadah bagi seorang muslim dan juga bisa berpengaruh terhadap lingkungan jika tidak ada pengetahuan tentang ketuhanan. Bisa dilihat akhir-akhir banyak perbuatan-perbuatan yang dilalkukan diluar batas kemanusiaan oleh para elite negeri ini sampai masyarakat kecil sekali pun. Ini menjadi indikasi bahwa kepercayaan pada kekuasaan Tuhan terhadap manusia masih rendah dan dibawah alam sadar. Pendidikan moral yang dibebankan pada pendidikan agama khususnya pendidikan Islam menjadi benteng agar dapat mencegah dari hal-hal yang ada diatas. Ini menjadi tugas baru bagi para tokoh-tokoh dan cendekiawan muslim dalam merumuskan konsep pendidikan Islam yang telah mengalami degradasi secara kualitas. Hal itu yang menjadi latar belakang penelitian ini, Abdul Munir Mulkhan sebagai salah satu tokoh yang banyak menyumbangkan gagasan melalui tulisan-tulisannya tentang pendidikan Islam dengan melalui pembelajaran tauhid sebagai ruh dalam pendidikan Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis-historis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif-analitik untuk menganalisis data. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pembelajaran tauhid menurut Munir Mulkhan,
(2) implikasi pembelajaran tauhid dalam pendidikan Islam menurut Munir Mulkhan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) pembelajaran tauhid dalam pendidikan Islam harus ditekankan pada kesadaran kebertuhanan dalam diri peserta didik agar menjadi sebuah kesaksian keimanan dalam realita kehidupan, (2) implikasi pembelajaran tauhid dalam pendidikan Islam ialah dengan berbagai metode yang dimiliki guru dengan berbagai kreatifitasnya diharapkan dapat mengahdirkan Tuhan dalam kelas sehingga peserta didik mampu mengetahui hakikat ketuhanan dan bisa menggunakannya untuk berbuat baik bagi sesamanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abdul Hamid
Creators:
CreatorsEmailNIM
Robby, Dimas AnugrahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Tauhid; Pendidikan Islam; Abdul Munir Mulkhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2015 08:31
Last Modified: 11 Feb 2015 08:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/646

Actions (login required)

View Item View Item