COMMUNITY BASED RESEARCH PANDUAN MERANCANG DAN MELAKSANAKAN PENELITIAN BERSAMA KOMUNITAS

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanafi, Muhammad et al. (2015) COMMUNITY BASED RESEARCH PANDUAN MERANCANG DAN MELAKSANAKAN PENELITIAN BERSAMA KOMUNITAS. LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengantar.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Isi.pdf

Download (814kB) | Preview

Abstract

Community Based Research (CBR) sebagai pendekatan yang dikembangkan di ranah akademik, menempatkan komunitas pada posisi yang seimbang (balance) dan setara (equitable). Komunitas tidak lagi dijadikan sebagai obyek penelitian, namun juga sebagai subyek atau mitra penelitian. Keterlibatan komunitas dalam penelitian sangat intens. CBR menawarkan keterlibatan masyarakat pada berbagai level partisipasi dan peran, mulai dari tahap perumusan masalah hingga penyusunan dan deseminasi hasil penelitian. Fokus penelitian dengan metodologi ini adalah terjadinya perubahan serta memberikan manfaat bagi komunitas. Hal ini sejalan dengan pendekatan yang dikembangkan dalam pengabdian masyarakat, yaitu ABCD atau Asset Based Community Development –yang lebih mengedepankan aset yang dimiliki oleh komunitas. Dua pendekatan yang dikembangkan ini, mendukung tercapainya fragmentasi visi LP2M; dekat dan saling memberi manfaat kepada masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanafi, Muhammad et al.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pengabdian Masyarakat
Pendidikan > Penelitian
Penelitian
Divisions: Karya Ilmiah > Buku
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Mar 2016 03:18
Last Modified: 03 Jun 2016 00:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/6454

Actions (login required)

View Item View Item