STRATEGI PEMASARAN PRODUK BAYT AL-MĀL WA AL-TAMWĪL DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF : STUDI KASUS KOPERASI BAYT AL-MĀL WA AL-TAMWĪL USAHA GABUNGAN TERPADU BMT UGT SIDOGIRI

Wahyudi, Ilham (2014) STRATEGI PEMASARAN PRODUK BAYT AL-MĀL WA AL-TAMWĪL DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF : STUDI KASUS KOPERASI BAYT AL-MĀL WA AL-TAMWĪL USAHA GABUNGAN TERPADU BMT UGT SIDOGIRI. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasaran merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh pihak manajemen Koperasi BMT UGT Sidogiri. Banyaknya Lembaga Keuangan Syariah baik bank maupun non bank mengharuskan pentingnya peningkatan strategi pemasaran BMT UGT Sidogiri untuk bersaing secara kompeten. Melihat fenomena yang terjadi Penulis tertarik untuk mengambil judul tesis: Strategi pemasaran produk BMT dalam meningkatkan keunggulan kompetitif (studi kasus Koperasi BMT UGT Sidogiri).
Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti peran Koperasi BMT UGT Sidogiri rangka mengangkat derajat dan martabat serta membela kepentingan kaum fakir miskin, untuk meneliti strategi Koperasi BMT UGT Sidogiri sehingga dapat terus mengalami perkembangan yang pesat, dan untuk meneliti peningkatan strategi pemasaran Koperasi BMT UGT Sidogiri sehingga dapat terus bersaing secara kompeten. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif kasuistik. Data dari penelitian ini diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Koperasi BMT UGT Sidogiri, Perkembangan dana zakat dan dana sosial terus mengalami kenaikan yang signifikan. Dana tersebut dipergunakan untuk mengangkat derajat dan martabat serta membela kepentingan kaum fakir miskin. Dalam pengelolaan dana zakat, Koperasi BMT UGT Sidogiri bekerja sama dengan LAZ (Lembaga Amil Zakat) Sidogiri. Disamping itu, memanfaatkan jaringan-jaringan yang berafiliasi kepada Pondok Pesantren Sidogiri, sehingga Koperasi BMT UGT Sidogiri mengalami perkembangan yang sangat pesat. Berdiri tahun 2000, sampai akhir tahun 2013 (selama 13 tahun) sudah memiliki 231 cabang dan capem yang tersebar dalam 13 provinsi. Saat ini Koperasi BMT UGT Sidogiri telah mempekerjakan sebanyak 1.000 karyawan lebih yang mayoritas direkrut dari alumni pondok pesantren Sidogiri, memiliki total aset lebih dari 1 triliun, dan omzet diatas 6.3 triliun.
Koperasi BMT UGT Sidogiri setidaknya ada empat kelebihan, yakni: adanya kemudahan dalam prosedur, keringanan persyaratan, cepatnya pelayanan, dan sistem “jemput bola”. Berbeda dengan perbankan yang lebih mengutamakan nasabah besar, prosedur relatif lama, dan keharusan adanya jaminan

Email:
Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Masdar Hilmy
Uncontrolled Keywords: Pemasaran; Koperasi
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2015 08:20
Last Modified: 11 Feb 2015 08:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/634

Actions (login required)

View Item View Item