STUDI ANALISIS TERHADAP PRINSIP EQUILIBRIUM ANTARA NILAI MATERIALISME DAN SPIRITUALISME SISTEM PRODUKSI DALAM EKONOMI ISLAM

Ali, Misbakhul (2014) STUDI ANALISIS TERHADAP PRINSIP EQUILIBRIUM ANTARA NILAI MATERIALISME DAN SPIRITUALISME SISTEM PRODUKSI DALAM EKONOMI ISLAM. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

Produksi, distribusi dan konsumsi sesungguhnya merupakan satu rangkaian kegiatan ekonomi yang tidak bisa dipisahkan. Ketiganya memang saling mempengaruhi, namun harus diakui produksi merupakan titik pangkal dari kegiatan itu karena tidak akan ada distribusi tanpa produksi. Dalam literatur konvensional, teori produksi ditujukan untuk memberikan pemahaman tentang perilaku produsen dalam memaksimalkan keuntungannya maupun mengoptimalkan efisiensi produksinya.
Dalam Islam produksi mempunyai tujuan untuk menciptakan maṣlaḥah yang optimum bagi manusia secara keseluruhan. Dengan maṣlaḥah yang optimum ini, maka akan dicapai falāh yang merupakan tujuan akhir dari kegiatan ekonomi sekaligus tujuan hidup manusia.
Berangkat dari fakta tersebut di atas, penulis tertarik untuk menelaah lebih dalam lagi tentang sistem produksi dalam ekonomi Islam. Dari sini diharapkan akan lahir Pemahaman bahwa ternyata yang menjadi orientasi utama dalam sistem produksi Islam bukanlah sekedar mengeruk keuntungan belaka, akan tetapi adanya pemeliharaan terhadap nilai shari’ah yang justru menjadi bagian terpenting yang tak boleh diabaikan. Adapun masalah yang hendak dijawab dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana konstruksi sistem produksi dalam ekonomi Islam, 2) Bagaimana prinsip equilibrium antara nilai materialisme dan spiritualisme sistem produksi dalam ekonomi Islam.
Untuk menjawab permasalah di atas, penulis terlebih dahulu melakukan pengumpulan data baik data primer maupun data sekunder. Setelah data tersebut terkumpul, kemudian penulis menganalisis data yang diperoleh dengan teori dan pembahasan tentang produksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem produksi dalam ekonomi Islam adalah sebuah kerangka konsepsional yang lebih didasarkan pada pemeliharaan nilai-nilai etika-religius dengan mengedepankan upaya untuk mewujudkan nilai keadilan dan kemanusiaan dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia. Pada tataran operasionalnya, sistem produksi Islam berupaya memadukan secara seimbang antara upaya untuk memperoleh keuntungan material (profit) dengan semangat untuk memanifestasikan nilai-nilai ketuhanan melalui aktivitas pelayanan dalam menyediakan barang-barang kebutuhan demi mewujudkan kesejahteraan bersama di antara sesama manusia. Inilah yang menjadi gambaran konkrit dari realitas equilibrium (keseimbangan) antara nilai materialisme dan spiritualisme yang menjadi dasar motivasi dalam sistem produksi Islam.

Email:
Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Masdar Hilmy
Uncontrolled Keywords: Materialisme; Spiritualisme; Ekonomi; Sistem Produksi;
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2015 07:29
Last Modified: 11 Feb 2015 07:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item View Item