POLITIK PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF TEORI HEGEMONI ANTONIO GRAMSCI : TELAAH TERHADAP PP. NO 55 TAHUN 2007 TENTANG PENDIDIKAN AGAMA DAN KEAGAMAAN

Aminullah, Muhammad (2014) POLITIK PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF TEORI HEGEMONI ANTONIO GRAMSCI : TELAAH TERHADAP PP. NO 55 TAHUN 2007 TENTANG PENDIDIKAN AGAMA DAN KEAGAMAAN. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Keinginan terakomodasinya pendidikan agama dan keagamaan oleh pemerintah kini mendapatkan angin segar dengan hadinya PP No 55 tahun 2007. Namun kehadiran peraturan pemerintah ini tidak bisa serta merta diterima apa adanya. Pasalnya sebelum peraturan ini muncul, ada serangkaian peristiwa yang dirasa sangat korelatif. Misalnya kebijakan bantuan beasiswa bagi Guru Madrasah Diniyah di Jawa Timur. Kebijakan ini awalnya menuai banyak kritik, baik dari akademisi ataupun sikap pemerintah sendiri.
Kritik ini didasarkan pada pertama, ada usaha sistematis untuk memberikan bantuan profesionalisme dan tunjangan bagi guru Madrasah Diniyah, yang secara Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional tidak diakui dan diatur secara formal. Kedua, adalah tanggapan Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi yang menyebut bahwa bantuan Beasiswa Pendidikan dan tunjangan untuk Guru Madrasah Diniyah inkonstitusional dan tidak berdasar. Formalisasi Madrasah Diniyah yang dilakukan oleh Gubernur lebih condong sebagai implementasi kontrak politik dengan para Kiai pendukungnya. Fakta di lapangan lebih unik, ada bebera pesantren yang dulunya tidak memiliki Madrasah Diniyah, sekarang berlomaba-lomba untuk mendirikan Madrasah Diniyah agar dapat mengakses anggaran pemerintah.
Disisi lain, ada motif keinginan pemerintah untuk memutus mata rantai faham radikalisme islam dengan mengontrol lembaga pendidikan keagamaan. Hal ini disebabkan kasus-kasus terorisme yang lagi marak baik skala internasional maupun nasional. Mulai kasus bom bunuh diri di WTC NewYork hingga kasus bom bunuh diri di Bali. Peristiwa terorisme ini ditengarai berakar pada faham radikalisme islam. Selain Indonesia secara demografis memiliki warga yang nota bene beragama islam, Indonesia juga memiliki pendidikan keagamaan asli pribumi yang cukup trend seperti pondok pesantren dan madrsah diniyah. Pendidikan keagamaan ini dikhawatirkan menjadi lumbung-lumbung kekuataan radikalisme islam sehingga perlu control oleh pemerintah.
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis berasumsi bahwa ada satu disiplin ilmu pengetahuan atau model pendekatan teoritik yang dapat mengurai benang kusut proses pembentukan kebijakan ini. Yakni disiplin ilmu politik pendidikan, sebagai disiplin ilmu, yang membahas tentang proses pembentukan, landasan, dan formulasi kebijakan. Kemudian, akan dianalisis menggunakan Teori Hegemoni Antonio Gramsci. Yaitu sebuah teori bisa mengungkap apakah perilaku sosial ini, sengaja digunakan untuk ‘membohongi’ atau ‘mengecoh’ paradigma masyarakat umum atau tidak.
Penelitian ini bebasis pada library research, dengan tujuan mengurai benang kusut purba sangka terhadap peraturan pemerintah ini. Dari proses penggalian data dan fakta dari pelbagai sumber. Penulis berkesimpulan bahwa; PP. No. 55 Tahun 2007 dalam perspektif hegemoni Antonio Gramsci merupakan bentuk kuat pemerintah untuk mengontrol pendidikan agama dan keagaman. Ijtihad politik pendidikan pemerintah ini, merupakan bagian dari system hegemonic dari pada usaha ikhlas pemerintah dalam membuka akses seluas-luasnya kepada pendidikan keagamaan. Hal ini disebabkan

Email:
Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Masdar Hilmy
Uncontrolled Keywords: Hegemoni Antonio;Politik Pendidikan
Subjects: Pendidikan
Politik
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2015 06:34
Last Modified: 11 Feb 2015 06:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/626

Actions (login required)

View Item View Item