POSISI WANITA DI DALAM ISLAM : STUDI ATAS PANDANGAN SYAIKH MUHAMMAD AL GHAZALI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Siregar, Yuliana (2014) POSISI WANITA DI DALAM ISLAM : STUDI ATAS PANDANGAN SYAIKH MUHAMMAD AL GHAZALI. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Maraknya paham feminisme yang bermula dari Barat dengan membawa semangat emansipasi wanita, kebebasan, hingga kesetaraan gender, merupakan faktor yang mengawali maraknya kajian tentang perempuan. Penyebarannya yang sangat signifikan akhirnya memasuki beberapa negara Islam pada abad 20, hingga tokoh Muslim berpaham gender bermunculan. Hal ini terjadi karena mereka melihat adanya bias gender dalam Islam. Memang tidak dapat dipungkiri, ada beberapa kalangan dari umat Islam, yaitu mereka yang berhaluan keras menjadikan kehidupan wanita bagaikan penjara. Permasalahan ini yang ingin dipecahkan oleh tokoh pengusung paham gender. Namun sangat disayangkan penyelesaian masalah yang mereka telah lakukan cukup berlebihan, hingga melangkahi ketentuan Allah, dan melampaui garis fitrah seorang perempuan. Mereka ingin adanya persamaan antara laki-laki dan perempuan secara totalitas di dalam segala lini kehidupan. Padahal segala sesuatunya telah Allah ciptakan dengan ukurannya masing-masing, untuk saling melengkapi antara satu dengan lainnya. Dari sini terlihat ada dua kubu dalam umat Islam, yang bersebrangan dalam permasalahan ini. Shaikh Muhammad al-Ghaza>li> adalah ulama abad modern yang dikenal cukup moderat dalam menyelesaikan peramasalahan yang ada dalam umat Islam, terlihat dari beberapa tulisan yang lahir dari pemikirannya. Bahkan ia menulis secara khusus untuk menengahi dua kubu yang bersebrangan, dalam menyelesaikan permasalahan wanita. Hal ini menambah keyakinan penulis untuk mengangkat pandangannya mengenai posisi wanita di dalam Islam.
Pokok kajian permasahan yang ingin dikaji adalah bagaimana pandangan beberapa ulama tentang wanita? dan bagaimana pandangan Shaikh Muhammad al-Ghaza>li> mengenai posisi wanita dalam Islam? mengapa ia memiliki pandangan demikian?. Penelitian pada tesis ini adalah kajian pustaka, dengan menjadikan buku Shaikh Muhammad al-Ghaza>li>, sebagai sumber rujukan utama. Diuraikan secara deskriptif, kemudian menganalisanya dengan menggunakan metode content analysis (analisis isi), untuk mengetahui pandanganya mengenai posisi wanita di dalam Islam.
Kesalahan umat Islam dalam memposisikan wanita dalam Islam menurut Shaikh Muhammad al-Ghaza>li> dikarenakan dua faktor, yaitu taqlid terhadap tadisi Timur yang disalah artikan sebagai ajaran Islam, dan berkiblat kepada kebebasan budaya Barat tanpa pertimbangan agama. Menurutnya sesunggunya wanita dalam Islam, memiliki kedudukan yang sama dengan laki-laki. Namun agar fitrah wanita tetap terjaga, maka Islam memiliki ketentuan khusus bagi wanita yang sedikit berbeda dengan laki-laki. Ia juga memiliki kebebasan dalam menentukan apa pun dalam hidupnya, selama tidak menyalahi agama dan fitrahnya sebagai wanita.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Ma'shum Nur Alim
Creators:
CreatorsEmailNIM
Siregar, YulianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Keywords: Wanita dalam Islam; Al-Ghazali; Al Ghazali
Divisions: Program Magister > Filsafat Agama
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2015 04:17
Last Modified: 11 Feb 2015 04:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/619

Actions (login required)

View Item View Item