PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI JARING-JARING BALOK DENGAN METODE INQUIRY TERBIMBING UNTUK SISWA KELAS IV MI DARUSSALAM SIDOREJO KECAMATAN KRIAN KABUPATEN SIDOARJO

Indaryanti, Yayuk (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI JARING-JARING BALOK DENGAN METODE INQUIRY TERBIMBING UNTUK SISWA KELAS IV MI DARUSSALAM SIDOREJO KECAMATAN KRIAN KABUPATEN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya prestasi belajar Matematika terhadap materi Jaring-jaring Balok. Prestasi belajar yang rendah memberikan dampak sulitnya mencapai tujuan pembelajaran bagi pelaku pendidikan. Untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika pada materi Jaring-jaring Balok, diambil tindakan pembelajaran melalui metode Inquiry Terbimbing.
Rumusan dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penerapan metode InquiryTerbimbing pada pembelajaran Matematika materi jaring-jaring balok untuk siswa kelas IV MI DARUSSALAM Sidorejo Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo? (2) Apakah dengan menerapkan metode Inquiry Terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi jaring-jaring balok untuk siswa kelas IV MI DARUSSALAM Sidorejo Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo? Model penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yang dilakukan dengan tehnik wawancara adalah dengan cara wawancara terbuka dengan guru Matematika , sedangkan pada tehnik tes adalah pertanyaan-pertanyaan atau latihan-latihan yang diberikan untuk mengetahui dan mengukur pengetahuan, ketrampilan, intelegensi, bakat, dan kemampuan siswa dalam memahami materi.
Hasil penelitian ini dapat diperoleh sebagai berikut : (1) penerapan metode inquiry terbimbing pada siswa kelas IV MI Darussalam Sidorejo Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil observasi aktivitas guru meningkat dari siklus I sebesar 67,39 %, sedangkan siklus II menjadi 82,29 %. Dan hasil observasi aktivitas siswa meningkat dari siklus I sebesar 63,88 %, sedangkan siklus II menjadi 84,72 %. (2) Terdapat peningkatan prestasi belajar matematika pada materi jaring – jaring balok untuk siswa kelas IV MI DARUSSALAM Sidorejo Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo dengan menerapkan metode Inquiry Terbimbing. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata–rata tes tulis/evaluasi siswa dan tes penilaian produk/proses yaitu pada siklus 1 nilai rata-rata tes tulis/evaluasi siswa yaitu 63,92 meningkat pada siklus II menjadi 77,08 sedangkan untuk prestasi proses belajar pada siklus 1 nilai rata – rata 64,29 meningkat pada siklus II menjadi 79,25. Jadi pada kegiatan perbaikan pembelajaran siklus II ini, prestasi siswa telah memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebesar 65,00. Dan ketuntasan kelas telah mencapai 92%.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Eni Purwati
Uncontrolled Keywords: Belajar Matematika; Jaring-jaring Balok; Metode Inquiry Terbimbing
Subjects: Matematika
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2015 03:31
Last Modified: 11 Feb 2015 03:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/611

Actions (login required)

View Item View Item