EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN MATCHING CARD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL QUR'AN HADITS SISWA KELAS VII MTsN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farikha, Miftakul (2016) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN MATCHING CARD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL QUR'AN HADITS SISWA KELAS VII MTsN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Model Pembelajaran Matching Card adalah nama lain dari model pembelajaran make a match yang dikembangkan oleh lorn curren pada tahun 1994. Model pembelajaran maching card ialah salah satu pendekatan mengajar yang dirancang khusus untuk menunjang proses belajar mengajar yang menggunakan kartu sebagai media atau alat bantu dalam menyampaikan materi pelajaran dengan cara mencari pasangan dari kartu yang dipegang masing-masing siswa. Sedangkan hasil belajar adalah sesuatu yang diperoleh siswa dari usaha belajaranya baik berupa aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
Dalam skripsi yang berjudul “Efektifitas Model Pembelajaran Matching Card Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Siswa Kelas VII MTsN Sidoarjo” penulis menggunakan tiga rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Matching Card dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al qur’an Hadits Siswa Kelas VII MTsN Sidoarjo? 2) Bagaimanakah Hasil Belajar yang Diterapkan Model Pembelajaran Matching Card dengan yang Tidak Diterapkan Model Pembelajaran Matching Card pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Siswa Kelas VII MTsN Sidoarjo? 3) Bagaimana Efektifitas Model Pembelajaran Matching Card dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Siswa Kelas VII MTsN Sidoarjo?
Untuk memperoleh data tersebut penulis menggunakan beberapa metode antara lain: observasi, wawancara, angket atau kuisioner, test, dan dokumentasi. Adapun untuk menjawab rumusan masalah pertama menggunakan rumus prosentase, rumusan masalah ke dua dan ke tiga dengan menggunakan rumus uji t test.
Berdasarkan hasil dari penyajian data dan analisis data model pembelajaran matching card dapat dikategorikan “baik” karena berada pada skala 76%-100%. Hal ini terbukti berdasarkan analisis melalui data observasi kemampuan guru dan hasil analisis aktivitas siswa serta didukung dari hasil analisis angket. Adapun hasil belajar siswa pada mata pelajaran al qur’an hadits kelas VII MTsN Sidoarjo, tergolong baik juga. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis data pre-test dan post-test kelas ekperimen yang telah dianalisis dengan uji t dan hasilnya menyatakan ada peningkatan hasil belajar yang signifikan yakni 4,615>2,04. Dan terkait efektifitas model pembelajaran maka dibandingkan hasil nilai post-test kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dengan df sebesar 62 pada taraf signifikasi 5 % = 2,00 diperoleh to>tt (14,60>2,00) maka konsekuensinya (Ha) diterima dan (Ho) ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farikha, Miftakulfarapavlov@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Matching Card; Matching Card
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MIFTAKUL FARIKHA
Date Deposited: 23 Apr 2016 03:20
Last Modified: 23 Apr 2016 03:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/6019

Actions (login required)

View Item View Item