MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR INDUKTIF MELALUI PENERAPAN PAKEM IPA BERBASIS PEMROSESAN INFORMASI PADA SISWA KELAS VI MI AT-TAUFIQ LAKARSANTRI SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latif, Abd. (2014) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR INDUKTIF MELALUI PENERAPAN PAKEM IPA BERBASIS PEMROSESAN INFORMASI PADA SISWA KELAS VI MI AT-TAUFIQ LAKARSANTRI SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan fokus peningkatan keterampilan berpikir induktif melalui model pembelajaran PAKEM IPA berbasis pemprosesan informasi yang berupa berpikir induktif ini adalah penelitian yang dilakukan di kelas VI MI At-taufiq Lakarsantri Surabaya.Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian ini berdasarkan permasalahan (a) Bagaimana penerapan PAKAM IPA berbasis pemprosesan informasi dikelas VI MI At-taufiq Lakarsantri Surabaya.(b) Bagaimana peningkatan ketrampilan berpikir induktif siswa kelas VI MI At-taufiq Lakarsantri Surabaya, tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berpikir induktif malaui menerapkan model pembelajaran PAKEM IPA berpikir induktif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdapat beberapa tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jenis data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data keberhasilan penerapan PAKEM berpikir induktif, data aktivitas siswa, respon siswa dan data berpikir induktif. Cara pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis untuk keberhasilan keterampilan berpikir induktif, sedangkan untuk Data – data dari penelitian ini dianalisis dengan menggunakan rumus sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran berpikir induktif dapat meningkatkan keterampilan berpikir induktif siswa Kelas VI MI At-taufiq Lakarsantri Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya persentase keterampilan berpikir induktif pada siklus I yang sebesar 78. % meningkat menjadi 88% pada siklus II, sehingga terjadi peningkatan sebesar 10%. Demikian juga dengan aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan, aktivitas guru pada siklus I sebesar 81% meningkat menjadi 100%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 81% meningkat menjadi 100% pada siklus II.Menunjukkan bahwa model pembelajaran berpikir induktif dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Munawir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latif, Abd.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Materi
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan Berpikir Induktif; Model Pembelajaran PAKEM IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2015 02:13
Last Modified: 11 Feb 2015 02:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/595

Actions (login required)

View Item View Item