PENINGKATAN PEMAHAMAN PELAJARAN MATEMATIKA MATERI NILAI TEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS II MI TARBIYATUS SHIBYAN ASEMROWO SURABAYA

Winaryatiningsih, Winaryatiningsih (2014) PENINGKATAN PEMAHAMAN PELAJARAN MATEMATIKA MATERI NILAI TEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS II MI TARBIYATUS SHIBYAN ASEMROWO SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya hasil pemahaman siswa terhadap materi nilai tempat pada pelajaran matematika. Hasil pemahaman yang rendah memberikan dampak sulitnya mencapai tujuan pembelajaran bagi pelaku pendidikan. Untuk meningkatkan pemahaman pelajaran matematika materi nilai tempat, diambil tindakan pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Rumusan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas II MI Tarbiyatus Shibyan Asemrowo Surabaya? (2) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatan pemahaman siswa pada materi nilai tempat pada siswa kelas II MI Tarbiyatus Shibyan Asemrowo Surabaya?
Model penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewwin yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yang dilakukan dengan teknik observasi adalah dengan panduan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, pada tes adalah butir-butir soal tes, dan pada dokumentasi berupa hasil belajar siswa dan foto.
Hasil penelitian ini dapat diperoleh sebagai berikut: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas II MI Tarbiyatus Shibyan Asemrowo Surabaya telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil observasi aktivitas guru meningkat dari siklus I sebesar 73,91 (cukup baik) sedangkan siklus II menjadi 86,95% (baik). Dan hasil observasi terhadap aktifitas siswa meningkat dari siklus I sebesar 71,05% (cukup baik) sedangkan siklus II menjadi 90,78% (sangat baik). (2) Terdapat peningkatan pemahaman siswa dalam pelajaran matematika materi nilai tempat pada siswa kelas II MI Tarbiyatus Shibyan Asemrowo Surabaya. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai pemahaman konsep pada setiap siklusnya dari siklus I yaitu 67,25 menjadi 87,5 pada siklus II, serta persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 75% jumlah siswa tuntas dan pada siklus II sebesar 95% jumlah siswa tuntas.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Junaedi
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Pelajaran Matematika; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2015 01:42
Last Modified: 11 Feb 2015 01:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/589

Actions (login required)

View Item View Item