EFEKTIVITAS PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 22 SURABAYA

Salim, Ahmad Dauxis (2016) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 22 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Efektivitas Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran Pendididkan Agama Islam Di SMPN 22 Surabaya.Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Pembimbing: DR. H. Syamsudin, M.Ag,
Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam selama ini masih konvensional dan keterbatasan sumber belajar membawa dampak pada kurangnya pemahaman dan pengamalan siswa terhadap materi pelajaran Pendidikan Agama Islam, mak amengintegrasikan internet dalam pembelajaran merupakan satu cara untuk mengatasinya. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana bentuk pemanfaatan internet,efektivitas pemanfaatan internet, serta apa factor pendukung dan penghambat dari pemanfaatan internet dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam, efektivitas pemanfaatan internet serta factor pendukung dan faktor penghambatnya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMPN 22 Surabaya. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari wawancara, observasi dan dokumentasi ini kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif analitik. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data yaitu membandingkan data hasil observasi dengan data hasil wawancara dan dengan dokumentasi.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Bentuk pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 22 Surabaya adalah web enhanced course, yaitu pemanfaatan internet untuk menunjang peningkatan kualitas kegiatan belajar mengajar di kelas. Disini internet dimanfaatkan sebagai media pembelajaran untuk mencari bahan pelajaran.Fasilitas internet yang digunakan dalam pembelajaran adalah world wide web (www),dan e-mail. 2)Efektivitas pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran di SMPN 22 Surabaya sudah efektif dilihat dari proses belajar mengajar yang menggunakan internet dan teknologilainnya. Waktu belajar siswa lebih banyak karena setiap saat bisa mengakses internet untuk searching atau berdiskusi, sehingga hasil yang dicapai dapat melampaui target, Motivasi siswa untuk belajar lebih tinggi Karena pembelajaran terasa menyenangkan dan siswa menjadi lebih kreatif. 3) Faktor pendukung dari pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 22 Surabaya adalah Kebijakan sekolah dalam melaksanakan program pemanfaatan internet dalam pembelajaran, kemauan siswa yang tinggi untuk mencari pengetahuan dari berbagai sumber melalui situs-situs di internet, kooperatifnya semua pihak untuk membantu kelancaranbelajar, ide dan kemauan siswa dan guru yang saling mendukung untuk berfikir kreatif dan kritis. Faktor penghambatnya adalah minimnya fasilitas sekolah yakni kecepatan akses yang mana bandwidthnyahanya 256 KBPS dan terbatasnya guru yang menguasai internet.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Dauxis Salim
Date Deposited: 13 Apr 2016 05:59
Last Modified: 13 Apr 2016 05:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/5839

Actions (login required)

View Item View Item