TASHMIIM AL MAWAAD AL TA'LIIMIYYAH LI TARQIYYAH MAHARAH AL KALAM; BAHTS TATHWIIR FII AL FASHL AL MUKATSTSAF BI AL MADRASAH AL MUTAWASSITHAH LI AL NAASYI'IN AL TABII'AH LI MA'HAD MAS KEDUNGDURO KREMBANGAN TAMAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fransisca, Malia (2016) TASHMIIM AL MAWAAD AL TA'LIIMIYYAH LI TARQIYYAH MAHARAH AL KALAM; BAHTS TATHWIIR FII AL FASHL AL MUKATSTSAF BI AL MADRASAH AL MUTAWASSITHAH LI AL NAASYI'IN AL TABII'AH LI MA'HAD MAS KEDUNGDURO KREMBANGAN TAMAN SIDOARJO. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (848kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada beberapa kesalahan berbahasa siswa kelas intensif PP MAS Nasyi’in saat berbicara, baik dari segi urutan peletakan kata dan kalimat maupun tata bahasa / kaidahnya. Berlatarbelakang masalah tersebut, maka perlu adanya desain materi pembelajaran untuk meningkatkan ketrampilan berbicara yang dikhususkan bagi Siswa Kelas Intensif Kelompok “A” PP MAS Nasyi’in. Adapun rumusan masalahnya adalah: (1) apa karakteristik buku desain pembelajaran Maharah Kalam untuk Kelas Intensif Kelompok “A” PP MAS Nasyi’in?, (2) seberapa efektif buku desain pembelajaran Maharah Kalam untuk Kelas Intensif Kelompok “A” PP MAS Nasyi’in?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui karakteristik buku desain pembelajaran Maharah Kalam untuk Kelas Intensif Kelompok “A” PP MAS Nasyi’in, (2) untuk mengetahui efektifitas buku desain pembelajaran Maharah Kalam untuk Kelas Intensif Kelompok “A” PP MAS Nasyi’in.
Adapun metode penelitian ini adalah “Research and Development (R&D)”. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner dan tes. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-tes.
Ada 6 langkah dalam pembuatan buku desain ini yaitu: observasi, pengumpulan data, desain materi pembelajaran, validasi ke-1, percobaan buku dan validasi ke-2.
Dari hasil tes yang diujikan hasil data yang diperoleh adalah sebagai berikut: t hitung 3,67 dan t tabel 2,718. Jadi, jika t hitung lebih besar daripada t tabel maka desain pembelajaran efektif. Sebaliknya, jika t hitung lebih kecil daripada t tabel maka desain pembelajaran tidak efektif.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku desain yang dibuat oleh peneliti dengan judul buku “دروس مهارة الكلام: هيّا نتكلّم اللغة العربيّة” dianggap efektif dan memiliki pengaruh dalam meningkatkan ketrampilan berbicara Bahasa Arab siswa Kelas Intensif Kelompok “A” PP MAS Nasyi’in. Buku desai tersebut memiliki karakter yang berbeda. Karakter tersebut yang dilihat dari beberapa segi, diantaranya:
1. Segi Materi Pembelajaran : Materi yang disiapkan adalah percakapan materi lokal serta ta’birat al istilahiyyah yang dibutuhkan siswa.
2. Segi Kebahasaan : Bahasa yang digunakan dalam buku desain ini sederhana.
3. Segi Psikologi : Pengunaan nama dan gambar yang ada di buku desain tidak lain adalah nama siswa kelas intensif sendiri sehingga hal tersebut menambah motivasi mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fransisca, Maliamaliafransisca546@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Metode Pembelajaran
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: desain materi pembelajaran; ketrampilan berbicara
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: fransisca malia
Date Deposited: 23 May 2016 02:10
Last Modified: 23 May 2016 02:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/5794

Actions (login required)

View Item View Item