Problematika Pembelajaran Aqidah Akhlak dan Upaya Mengatasinya di MTs Taswirul Afkar Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Holilurrohman, Moch (2016) Problematika Pembelajaran Aqidah Akhlak dan Upaya Mengatasinya di MTs Taswirul Afkar Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (17MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Apa saja problem pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Taswirul Afkar Surabaya, (2) Bagaimana Upaya mengatasi problem pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Taswirul Afkar Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer atau utama yakni guru mata pelajaran Aqidah Akhlak MTs Taswirul Afkar Surabaya dan sumber data sekunder atau pendukung yakni data yang mendukung terhadap data primer seperti siswa dan pihak sekolah. Adapun mengenai pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi berperan serta, interview atau wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah : (1) Problematika pembelajaran Aqidah Akhlak terdapat pada materi yang sulit dipahami siswa, kurangnya minat belajar siswa, metode pembelajaran yang kurang menyenangkan bagi siswa, penerapan materi dan lingkungan yang memiliki pengaruh buruk terhadap siswa. Problematika tersebut muncul dikarenakan materi Aqidah Akhlak yang lebih membutuhkan pendalaman lebih lanjut dan tidak mampu dijangkau hanya dengan akal dan pancaindera saja seperti materi iman kepada Allah, malaikat dan hari akhir. Dengan demikian minat belajar siswa menjadi kurang dan metode pembelajaran menjadi tidak menyenangkan dan berdampak pada penerapan materi seperti melalaikan perintah ibadah. Begitu pula pengaruh lingkungan sekitar yang tidak mendukung untuk penerapan perilaku terpuji dan menghindari akhlak tercela, (2) Upaya yang dilakukan terkait faktor materi adalah dengan memahami karakteristik siswa yang membutuhkan pendalaman lebih lanjut dan membatasi pengetahuan tentang iman kepada Allah dengan membahas ciptaan Allah. Adapun mengenai minat belajar, upaya memberikan motivasi belajar terus dilakukan. Mengenai metode pembelajaran, guru menyesuaikan dengan kondisi siswa. Terkait dengan penerapan materi, guru terus memantau perkembangan ibadah siswa. Adapun mengenai pengaruh lingkungan, guru terus memberi nasihat terhadap siswa agar menjauhi lingkungan yang memiliki pengaruh buruk.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Holilurrohman, Mochkholilurrohmand01212035@gmail.comD01212035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibinachmad.muhibin.zuhri@uinsby.ac.id2011077202
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moch Holilurrohman
Date Deposited: 14 Apr 2016 04:41
Last Modified: 11 Dec 2019 06:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/5739

Actions (login required)

View Item View Item