KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TENTANG PERDAMAIAN DALAM PERSPEKTIF ABDURRAHMAN WAHID

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qhusniyah, Awalul (2014) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TENTANG PERDAMAIAN DALAM PERSPEKTIF ABDURRAHMAN WAHID. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Focus Penelitian adalah ( 1 ) Bagaimana landasan konseptual pendidikan tentang perdamaian dalam pandangan islam?, ( 2 ) Bagaimana konsep pendidikan islam tentang perdamaian dalam perspektif Abdurrahman Wahid?, ( 3 ) Bagaimana konsep pendidikan perdamaian perspektif Abdurrahman Wahid dalam pendidikan Islam?.
Dalam menjawab permasalahan tersebut skripsi ini merupakan penelitian library research yang mengkaji seorang tokoh bernama Gus Dur. Ia sering di klaim sebagai tokoh kontroversial yang kreatif dan cerdas. Berbagai pengalaman telah direguk mulai tingkat lokal, nasional maupun internasional sehingga banyak ide-ide kreatif menghiasi nusantara ini. Salah satu pemikirannya tentang konsep pendidikan islam perdamaian yang dimuat di dalam buku Islam Ku, Islam Anda, Islam Kita.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Menurut Abdurrahman Wahid Konsep Pendidikan Islam Perdamain merupakan suatu pendidikan untuk menerima perbedaansebagai sunnatullah agar saling mengenal, menghindari perpecahan, mengembangkan kerjasama dengan menanamkan rasa saling pengertian, saling memiliki dan bersikap inklusif, tidak membatasi pergaulan dengan siapapun. (2) Dalam perspektif pendidikan Islam, pemikiran Abdurrahman Wahid tentang Pendidikan Islam Perdamaian memiliki keserasian yaitu berorientasi pada terbentuknya kepribadian serta akhlak yang luhur dengan berdasarkan al-Qur’an dan al-Hadits, serta mengupayakan untuk menanamkan nilai-nilai toleransi pada peserta didik sejak dini yang berkelanjutan dengan mengembangkan rasa saling pengertian dan memiliki terhadap umat agama lain. (3) Konsep pendidikan perdamaian Perspektif Abdurrahman Wahid dalam pendidikan Islam memiliki keserasian yaitu berorientasi pada terbentuknya kepribadian serta akhlak yang luhur dengan berdasarkan al- Qur’an dan al-Hadits, serta mengupayakan untuk menanamkan nilai-nilai toleransi pada peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: A. RUBAIDI
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qhusniyah, AwalulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: pendidikan Agama Islam; Perspektif Perdamaian; Abdurrahman Wahid
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2015 08:18
Last Modified: 10 Feb 2015 08:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/569

Actions (login required)

View Item View Item