IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMAKAIAN JILBAB DAN PROBLEMATIKANYA DI SMP ANTARTIKA SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Silvia, Awanda (2014) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMAKAIAN JILBAB DAN PROBLEMATIKANYA DI SMP ANTARTIKA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (46kB) | Preview

Abstract

Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang memiliki tanggungjawab membentuk generasi muda siap menghadapi masa depannya. Baik dalam hal masa depannya di dunia juga masa depannya kelak di akhirat. Maka dari itu pendidikan di sekolah harus mencakupi ilmu pengetahuan umum dan pengetahuan agama. Melihat pergaulan pemuda-pemudi cenderung mengalami keterpurukan ini seharusnya pendidikan agama bisa memperbaiki permasalah ini.
Ajaran agama Islam yang mungkin bagi sebagian orang dianggap tidak penting dan tidak ada sangkutannnya dengan model pergaulan bebas masa kini adalah kewajiban berjilbab bagi seorang wanita muslim. Namun sebenarnya jilbab memiliki fungsi bukan sekedar penutup aurat saja. jilbab hakikatnya adalah dinding pelindung seorang wanita muslimah dari perbuatan maksiat. Sehingga jika jilbab diterapkan dengan benar dan bukan sekedar mengikuti tren jilbab gaul. Maka seorang wanita muslimah akan mengurangi model pergaulan yang semakin bebas.
Namun pada kenyataannya jilbab masih belum banyak diminati bagi remaja putri. Seperti yang dilihat di SMP Antartika Surabaya. Melalui skripsi ini penulis berusaha meneliti problematika pemakaian jilbab di sekolah dengan dua rumusan masalah, yaitu bagaimana implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam pemakaian jilbab di SMP Antartika Surabaya dan apa saja problematika dalam pemakaian jilbab di SMP Antartika Surabaya.
Untuk menjawab dua rumusan masalah di atas penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok. Penulis mengumpulkan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi di sekolah SMP Antartika Surabaya. Sedangkan untuk analisis datanya penulis menggunakan teknik deduksi-induksi dan interpretasi.
Setelah penelitian dilakukan dapat diketahui bahwa siswi SMP Antartika Surabaya yang memakai jilbab sebagai seragam resmi tiap harinya masih mencapai 29 siswi atau 30,16% dan dari pemakaian jilbab di sekolah ini nilai-nilai keagamaan yang diperoleh adalah nilai keimanan, nilai pahala dan nilai fungsional berupa sebagai identitas seorang muslimah dan pelindung dari perbuatan dosa. Sedangkan Problematika pemakain jilbab di SMP Antartika Surabaya antara lain pengetahuan agama yang minim, kemantapan iman yang masih rendah, lingkungan pergaulan yang tidak mendukung, dan tingkat ekonomi yang rendah serta belum ada kebijakan tertulis tentang kewajiban jilbab bagi siswi yang beragama Islam.
Akhirnya sebagai tindak lanjut dari skripsi ini maka harus ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu tentang pendidikan dini pemakaian jilbab dari lingkungan keluarga dan perlu adanya kebijakan tertulis di sekolah agar pemakain jilbab juga bisa terlaksana di sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Amir Maliki Abitolkha
Creators:
CreatorsEmailNIM
Silvia, AwandaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Perilaku
Uncontrolled Keywords: Jilbab; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2015 08:10
Last Modified: 10 Feb 2015 08:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item