KARAKTER MUNAFIK SEBAGAI GANGGUAN KEPRIBADIAN DALAM SURAT AL-BAQARAH AYAT 8-20 : KAJIAN TAFSIR SURAT AL-BAQARAH 8-20

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajriyyah, Nidaul (2014) KARAKTER MUNAFIK SEBAGAI GANGGUAN KEPRIBADIAN DALAM SURAT AL-BAQARAH AYAT 8-20 : KAJIAN TAFSIR SURAT AL-BAQARAH 8-20. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti adalahkarakter munafik sebagai gangguan kepribadian Sebagai lawan Munafik atau nifaq merupakan sifat yang lahir dan batinya berbeda. Kata nifaq atau munafik dalam Al-Quran telah banyak disebutkan sebagai sifat yang tercela, sehingga dalam psikologi islam nifaq disebut sebagai gangguan kepribadian.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penafsiran Al-Quran secara tahlili, yaitu menghimpun ayat-ayat Al-Quran yang memiliki tujuan yang sama, menyusunnya secara kronologis selama memungkinkan dengan memperhatikan sebab turunnya, menjelaskannya, mengaitkannya dengan surah tempat ia berada, menyimpulkan dan menyusun kesimpulan tersebut ke dalam kerangka pembahasan sehingga tampak dari segala aspek, dan menilainya dengan kriteria pengetahuan yang sahih. Penelitian ini mengunakan psikologi islam yang di komparasikan dengan ilmu tafsir beserta penafsiran para mufasir.
Nifaq atau munafik menimbulkan beberapa penafsiran dari para mufasir. Serta adanya karakter munafik yang menjadikan seseorang tersebut di identifikasi sebagai seorang dengan gangguan kepribadian dan mental. Karakter munafik merupakan sifat dan watak yang melekat pada diri seseorang yang mengalami gangguan kepribadian.
Para mufasir berpendapat bahwa munafik merupakan sifat yang sudah melekat yang akan membawa pelakunya ke neraka. Sebagian ada yang menyatakan bahwa munafik merupakan sebuah sifat yang dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti lingkungan. Adanya karakteristik munafik seperti: khianat, takabur, riya’ dan ingkar janji adalah merupakan akibat yang ditimbulkan dari sifat munafik. Dari karakteristik tersebut meimbulkan gejala gangguan kepribadian yang merupakan indikasi seseorang terjangkit penyakit munafik. Fenomena-fenomena tersebut adalah gejala-gejala yang selama ini sudah di jelaskan oleh Allah dalam Al-Quran maupun Al- Hadis.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa Munafik jangan hanya dipandang sebagai dosa yang besar saja, akan tetapi munafik perlu dikaji dan di teliti lebih jauh. Terutama kaitanya dengan kondisi mental, hal ini sangat di perlukan agar bisa mengetahui latar belakang seseorang berbuat munafik, sehingga studi tentang karakter munafik dapat berkembang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Muzayyanah Mu’tashim
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajriyyah, NidaulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tasfir Hadis
Tafsir
Uncontrolled Keywords: Karakter; Munafik; Al-Baqarah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2015 08:03
Last Modified: 10 Feb 2015 08:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/566

Actions (login required)

View Item View Item