Peran guru pendidikan Agama Islam dalam perkembangan kepribadian remaja di MTS Darul Ulum Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfitriyah, Qurrotu A'yuni (2016) Peran guru pendidikan Agama Islam dalam perkembangan kepribadian remaja di MTS Darul Ulum Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (18MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (14MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (878kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (601kB) | Preview

Abstract

Guru agama islam adalah orang yang mengajarkan bidang studi agama islam. Guru agama juga diartikan sebagai orang dewasa yang memiliki kemampuan agama islam secara baik dan diberi wewenang untuk mengajarkan bidang studi agama islam secara baik untuk dapat mengarahkan, membimbing dan mendidik peserta didik berdasarkan hukum-hukum islam untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia maupun di akhirat. Yang menjadi latar belakang penulisan skripsi ini adalah guru agama dalam hal ini mempunyai tugas yang sangat berat yaitu disamping ikut serta membina pribadi siswa remaja, juga mengajarkan agama islam pada siswanya. Dengan dasar itulah akhirnya muncul tiga rumusan masalah yaitu 1) bagaimana peran guru di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo? 2) bagaimana perkembangan kepribadian remaja di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo? 3) bagaimana peran guru dalam perkembangan kepribadian remaja di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo? Sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini ada dua, yaitu data primer dan sekunder. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan analisis datanya menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Dari hasil penelitian yang peneliti temukan bahwa peran guru pendidikan agama islam dalam perkembangan kepribadian remaja di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo adalah sebagai uswatun hasanah, sebagai pembimbing atau fasilitator, sebagai pengganti orang tua, sebagai inspirator, sebagai pemimpin atau direktur belajar. Faktor penghambat dalam peran guru adalah akhlak mulia karena terkadang sudut pandang tiap guru terhadap akhlak yang mulia itu berbeda dan faktor pendukung dalam peran guru adalah murid menganggap guru sebagai orang yang sempurna dan apa yang dilakukan dianggap benar, sehingga apa yang dikerjakan dapat langsung diterima oleh siswanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfitriyah, Qurrotu A'yuniayuniafitriyah@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Peran Guru
Uncontrolled Keywords: Peran Guru; Pribadi Remaja
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Qurrotu A'yuni Alfitriyah
Date Deposited: 22 Apr 2016 03:47
Last Modified: 07 Nov 2019 04:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/5657

Actions (login required)

View Item View Item