UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERHITUNG MATEMATIKA MATERI PERKALIAN MELALUI MEDIA BATANG KOREK API PADA SISWA KELAS II MI NURUL HIDAYAH SAMBIKEREP SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutfiyah, Lutfiyah (2014) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERHITUNG MATEMATIKA MATERI PERKALIAN MELALUI MEDIA BATANG KOREK API PADA SISWA KELAS II MI NURUL HIDAYAH SAMBIKEREP SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan matematika diskrit. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini.
Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif.
Matematika sebagai salah satu ilmu dasar yang memegang peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan baik. Matematika bukanlah mata pelajaran yang sulit dan menakutkan, namun sebaliknya matematika merupakan pelajaran yang menyenangkan. Sebagian besar anak-anak yang mengalami kesulitan belajar matematika disebabkan oleh hakikat matematika yang abstrak serta mengalami kesulitan dalam mempelajarinya. Anak-anak yang berkesulitan belajar perlu dibekali keterampilan matematika. Kesukaran belajar matematika dapat berdampak negatif sehingga pengajaran matematika membutuhkan kemampuan guru sebagai tenaga profesional khususnya bidang matematika.
Seorang guru MI seharusnya memahami bahwa anak merupakan komponen terpenting dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru sebagai tenaga pendidik khususnya pada jenjang pendidikan dasar harus memiliki berbagai macam ketrampilan dan pengetahuan yang luas dalam mengajar agar dapat memfasilitasi siswa belajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Pembelajaran yang memanfaatkan media batang korek api secara baik dan benar ternyata dapat membuat siswa antusias dan termotivasi dalam belajar Matematika materi perkalian sehingga siswa terlibat baik secara intelektual maupun emosional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Mukhlisah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutfiyah, LutfiyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berhitung; Matematika; Materi Perkalian; Media Batang Korek Api
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2015 08:05
Last Modified: 10 Feb 2015 08:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/564

Actions (login required)

View Item View Item