PENERAPAN JIGSAW LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA HASYIM ASY’ARI BANGSRI SUKODONO SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'diyah, Nur Khalimatus (2016) PENERAPAN JIGSAW LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA HASYIM ASY’ARI BANGSRI SUKODONO SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover .pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (974kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (451kB) | Preview

Abstract

Rumusan penelitian yang diambil pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan motivasi belajar fiqih pada siswa di MA Hasyim Asy’ari Bangsri Sukodono Sidoarjo? (2) Bagaimana motivasi yang diberikan dalam pelajaran fiqih di MA Hasyim Asy’ari Bangsri Sukudono Sidoarjo. (3) Bagaimana penerapan metode jigsaw dalam meningkatkan motivasi belajar fiqih di MA Hasyim Asy’ari Bangsri Sukudono Sidoarjo.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan jigsaw Learning dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran fiqih, (2) Mendeskripsikan penerapan jigsaw learning dalam meningkatkan motivasi pembelajaran fiqih, (3) Mengidentifikasi kendala-kendala penerapan jigsaw learning dalam meningkatkan motivasi belajar fiqih.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan motivasi belajar pada siswa agar lebih bersemangat dalam menjalankan proses pembelajaran adalah dengan menerapkan beberapa poin motivasi dari para ahli. (2) Memberikan motivasi belajar pada peserta didik adalah suatu hal yang sangat penting dilakukan, dikarenakan tanpa adanya suatu motivasi terutama pada proses pembelajaran akan mengakibatkan suatu penurunan dalam menuntut ilmu. (3) Dalam proses pembelajaran ternyata dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw learning dapat meningkatkan motivasi siswa terhadap pembelajaran materi fiqih.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'diyah, Nur KhalimatusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Penerapan Jigsaw Learning; Meningkatkan Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur khalimatus sa'diyah
Date Deposited: 13 Apr 2016 04:59
Last Modified: 13 Apr 2016 04:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/5621

Actions (login required)

View Item View Item