PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG OPERASI PENJUMLAHAN DESIMAL DI KELAS IV MI DARUL ULUM TANDES SURABAYA MELALUI METODE PENUGASAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sulastri, Sulastri (2014) PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG OPERASI PENJUMLAHAN DESIMAL DI KELAS IV MI DARUL ULUM TANDES SURABAYA MELALUI METODE PENUGASAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada kenyataan bahwa sebagian besar siswa Kelas IV merasa kesulitan dalam belajar matematika tentang operasi penjumlahan pada pecahan desimal. Hasil belajar tentang operasi penjumlahan pecahan desimal masih jauh dari harapan yaitu dari 26 siswa murid kelas IV MI arul Ulum Tandes Kota Surabaya 40% yang mendapat nilai di atas 50.
Standar Kompetensi siswa dapat menguasai konsep-konsep penjumlahan pecahan desimal dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari merupakan materi dasar yang erat penggunaannya dengan kehidupan sehari-hari. Rendahnya hasil belajar ini disebabkan karena kurang motivasi dan semangat belajar untuk menguasai materi. Masalah yang timbul salah satunya anak masih lemah pengetahuannya tentang pecahan desimal, yaitu tentang proses penjumlahan pecahan desimal antara satu angka dengan dua angka di belakang koma. Selain permasalahan di atas permasalahan lain yang timbul adalah siswa belum paham tentang letak koma pada hasil penjumlahan pecahan desimal, mengakibatkan siswa kurang termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran.
Guru juga merupakan penentu keberhasilan pembelajaran standar kompetensi tersebut. Untuk meningkatkan keberhasilan siswa dalam mencapai kompetensi yang diharapkan perlu diterapkan metode yang lebih menuntut aktivitas dan motivasi siswa. Dengan menerapkan metode penugasan diharapkan siswa mampu menumbuhkan semangat belajar siswa, sehingga siswa semakin semangat mengikuti pembelajaran. Metode penugasan merupakan Pembelajaran Kooperatif yang pada dasarnya adalah belajar bersama dalam kelas, sehingga dalam proses belajar perlu adanya penekanan pada keaktifan siswa. Sehingga pada akhirnya siswa berkompetisi untuk menjadi yang terbaik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sutikno
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sulastri, SulastriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Siswa; Penjumlahan Desimal; Metode Penugasan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2015 07:58
Last Modified: 10 Feb 2015 07:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/559

Actions (login required)

View Item View Item