UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI MEMAHAMI CIRI MAKHLUK HIDUP DAN TEMPAT HIDUPNYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TYPE JIGSAW DI MI HASANUDDIN KARAH JAMBANGAN SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Miftachul (2014) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI MEMAHAMI CIRI MAKHLUK HIDUP DAN TEMPAT HIDUPNYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TYPE JIGSAW DI MI HASANUDDIN KARAH JAMBANGAN SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran model tipe jigsaw dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI di MI Hasanuddin Karah Jambangan Surabaya. Penelitian ini menitik beratkan pada motivasi belajar siswa yang dicapai oleh siswa, aktivitas siswa serta kinerja guru dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yaitu penelitian yang dilakukan di dalam kelas dengan tujuan memperbaiki atau meningkatkan mutu urutan pembelajaran . tindakan pada penelitian ini ada enam langkah yaitu: perencanaan, tindakan , observasi, dan 3 siklus.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil motivasi siswa dalam pembelajaran IPA mengalami peningkatan. Hasil motivasi belajar siswa pada pra siklus, siswa kelas VI sebagai berikut : dari 30siswa yang memperoleh semangat atau termotivasi dalam pembelajaran IPA hanya 9 siswa atau 33% kemudian setelah tindakan siklus I dari 30 siswa ada 15 siswa atau 50% mengalami kenaikan motivasi dalam pembelajaran IPA, begitupun pada siklus II dari 30 siswa menjadi 21 siswa atau 67% dan disiklus III pun mengalami kenaikan motivasi belajar yang signifikan dari 30 siswa, 27 siswa atau 87,5% sudah mulai semangat atau termotivasi dalam belajar.
Motivasi belajar siswa terus mengalami peningkatan pada waktu penelitian berlangsung dari 33% sampai dengan 87,5% dari sinilah peneliti tahu bahwa pembelajaran IPA menggunakan model jigsaw itu sangat membantu motivasi siswa dalam pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ainun Syarifah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, MiftachulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tipe Jigsaw; Pembelajaran IPA; Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2015 07:51
Last Modified: 10 Feb 2015 07:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/555

Actions (login required)

View Item View Item