IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN HALAQAH PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 11 SURABAYA

Sahputri, Rozy (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN HALAQAH PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 11 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa model pembelajaran halaqah yang merupakan model tertua dalam Islam, namun tetap eksis diterapkan oleh beberapa sekolah termasuk SMA Negeri 11 Surabaya yang merupakan sekolah umum dan tidak memiliki latar belakang sekolah Islam. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan model pembelajaran halaqah pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 11 Surabaya, apa saja faktor yang mendukung pelaksanaan model pembelajaran halaqah pada amata pelajaran PAI di SMAN 11 Surabaya, serta apa saja faktor yang menghambat pelaksanaan model pembelajaran halaqah pada mata pelajaran PAI di SMAN 11 Surabaya. Pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan reduksi data, sajian data dan verifikasi data. Mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui ketentuan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran halaqah tidak dapat berdiri sendiri melainkan divariasikan dengan metode lain, seperti metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi dan metode diskusi. Faktor yang mendukung pelaksanaan model pembelajaran halaqah adalah metode yang disesuaikan dengan materi pembelajaran, karakteristik guru, tersedianya sarana dan prasarana serta minat dan motivasi siswa. Sedangkan faktor yang menghambat pelaksanaan model pembelajaran halaqah adalah siswa pasif dalam bertanya ketika guru menggunakan metode ceramah dan siswa sering sering berbicara dengan temannya diluar pembahasan materi dikarenakan posisi duduk dalam halaqah yang berdekatan satu sama lain. Berdasarkan hasil analisis kajian skripsi ini, maka dapat penulis simpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran halaqah pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 11 Surabaya telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan langkah-langkah yang ada. Banyak faktor yang mendukung terlaksanya model pembelajaran halaqah pada mata pelajaran PAI sehingga membuat proses pembelajaran berjalan dengan lancar. adanya faktor penghambat yang masih bisa teratasi tetap membuat tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan menggunakan model pembelajaran halaqah.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rozy Sahputri
Date Deposited: 11 Apr 2016 07:56
Last Modified: 11 Apr 2016 07:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/5526

Actions (login required)

View Item View Item