PENINGKATAN HASIL BELAJAR KONSEP PERKALIAN MENGGUNAKAN MEDIA REALITA PADA SISWA KELAS II MI AL-CHOIRIYAH TANDES SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mudawamah, Mudawamah (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KONSEP PERKALIAN MENGGUNAKAN MEDIA REALITA PADA SISWA KELAS II MI AL-CHOIRIYAH TANDES SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Masalah yang sering dihadapi guru dalam pembelajaran adalah rendahnya daya serap siswa pada pembelajaran yang diajarkan disekolah. Karena pembelajaran hanya berpusat kepada guru yang mengakibatkan siswa kurang aktif dan rasa jenuh terhadap pelajaran. Dan nilai rata-rata ketuntasan yang harus dicapai adalah 70. Untuk mengatasinya peneliti mengambil judul “Peningkatan Hasil Belajar Konsep Perkalian Menggunakan Media Realita pada siswa kelas II MI Al-Choiriyah Tandes Surabaya”.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah diterapkannya Media Realita siswa kelas II di MI. Al-Choiriyah Tandes Surabaya.
Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Model PTK yang digunakan yaitu model Hopkins yaitu dalam satu siklus terdiri dari empat komponen meliputi perencanaan, pelaksanaan observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah butir-butir soal yang berupa pilihan ganda. Dan data kualitatif dianalisis secara diskriptif dan data kuantitatif dengan menggunakan rumus nilai rata-rata dan presentase ketuntasan belajar.
Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut:
1. Media Realita berjalan dengan baik melalui perbaikan-perbaikan tiap siklus. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar. Dimana aktifitas siswa pada siklus 1 dengan nilai yaitu 63,88 pada siklus 2 aktivitas siswa adalah 86,11.
2. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas II dalam pembelajaran perkalian di MI Al-Choiriyah Tandes Surabaya setelah menggunakan Media Realita dengan baik. Siklus 1 hasil belajar siswa rata-rata 65,92% dan presentase ketuntasan sebesar 66,66% pada siklus 2 hasil belajar siswa rata-rata 79,6% dan presentase ketuntasan 92,59%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Saiful Jazil
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mudawamah, MudawamahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Konsep Perkalian; Media Realita
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2015 07:42
Last Modified: 10 Feb 2015 07:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/551

Actions (login required)

View Item View Item