BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DENGAN TEKNIK PERMAINAN DIALOG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MI MA’ARIF NU PUCANG SIDOARJO

Rizkiyah, Ni'matur (2014) BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DENGAN TEKNIK PERMAINAN DIALOG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MI MA’ARIF NU PUCANG SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam dengan Teknik Permainan Dialog untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa MI Ma’arif NU Pucang Sidoarjo?, (2) Bagaimana hasil yang telah diperoleh dalam Bimbingan dan Konseling Islam dengan teknik permainan dialog untuk meningkatkan motivasi belajar siswa MI Ma’arif NU Pucang Sidoarjo?.
Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisa deskriptif komparatif. Dalam menganalisa Bimbingan dan Konseling Islam dengan Teknik Permainan Dialog untuk meningkatkan motivasi belajar siswa MI Ma’arif NU Pucang Sidoarjo, data yang disajikan dalam bab penyajian data yang digunakan berupa hasil wawancara, observasi, dokumentasi dan kunjungan rumah yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisa data. Pada penelitian ini disimpulkan bahwa Ada tidaknya motivasi pada diri individu untuk belajar sangat berpengaruh dalam proses aktivitas belajar itu sendiri, meskipun sudah dapat motivasi dari orang tua, guru maupun teman, tapi tetap tidak berpengaruh kepada dirinya, sehingga diperlukan bimbingan. Dari pengamatan konselor sebelum melakukan proses konseling, ditemukan beberapa gejala siswa yaitu kurang fokus dalam memperhatikan penjelasan guru, mudah bosan pada saat belajar, lebih suka bermain daripada belajar dan lain-lain.
Dalam penelitian ini, proses konseling yang terjadi menggunakan teknik permainan dialog, dengan tujuan merubah sikap klien. Yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari kebiasaan klien yang mulai lebih baik dibandingkan sebelumnya diantaranya Tidak lambat dalam melakukan tugas-tugas belajar, Mau maju ke depan saat diperintah gurunya untuk mengerjakan soal dan lain-lain. Walaupun tidak semua masalah yang klien hadapi bisa tuntas terselesaikan.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Yusria Ningsih
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling Islam., Teknik Permainan Dialog., Motivasi belajar.
Subjects: Dakwah > Dakwah - Metode
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Jan 2015 03:35
Last Modified: 29 Jan 2015 03:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/55

Actions (login required)

View Item View Item