NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU MENYELAM KE SAMUDERA JIWA & RUH KARYA AGUS MUSTOFA

Rela, Ramang Pasa (2014) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU MENYELAM KE SAMUDERA JIWA & RUH KARYA AGUS MUSTOFA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya nilai-nilai dalam karya sastra yang memiliki konstribusi penting dalam pendidikan Islam. Nilai-nilai tersebut penting artinya untuk masyarakat pada saat ini, karena masyarakat sudah terperangkap dalam pola pikir rasional dan mencampakkan dimensi kebatinan, hingga melahirkan gaya hidup materialistis, dengan kata lain masyarakat hanya berfikir kehidupan duniawi semata tanpa menghiraukan kehidupan ukhrawinya. Oleh karena itu pembelajaran Islam hendaknya tidak hanya mementingkan aspek jasmani/teoritis semata, tetapi harus menyentuh ranah ruhani yang bisa membentuk peserta didik menjadi insan yang memiliki jiwa spiritual yang tinggi, dan berakhlak mulia.
Penelitian ini difokuskan pada dua rumusan masalah, yaitu: (1) Bagaimana pemikiran tasawuf modern perspektif Agus Mustofa dalam buku “Menyelam ke Samudera Jiwa & Ruh” itu? (2) Nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang terkandung di dalam buku “Menyelam ke Samudera Jiwa & Ruh”?
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif analisis dan kajian pustaka. Setelah data terkumpul dan tercatat dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah menganalisa data. Proses analisa dilakukan dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, kemudian data tersebut dianalisis dan dipelajari secara cermat dan dideskripsikan
yang selanjutnya memberikan gambaran dan penjelasan serta diuraikan.
Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa tasawuf modern perspektif Agus Mustofa adalah perpaduan ayat Al-Qur’an dengan sains. Sedangkan nilai-nilai yang terkandung dalam buku tersebut diantaranya adalah pendidikan keimanan, pendidikan spiritual dan pendidikan akhlak. Memperteguh keimanan dengan pencarian hakikat jiwa dan ruh setiap pribadi manusia adalah contoh nilai pendidikan keimanan di dalam buku tersebut. Peningkatan jiwa dengan lebih banyak memahami informasi-informasi makna dan hikmah yang terkandung dalam Al-Qur’an menjadikan peningkatan spiritual manusia. Sementara berusaha menjauhi sifat-sifat badaniah menuju sifat-sifat malaikat yang terpuji adalah pendidikan akhlak.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ahmad Yusam Thobroni
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Agus Mustofa
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2015 07:40
Last Modified: 10 Feb 2015 07:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/549

Actions (login required)

View Item View Item